REHABILITASI EKOSISTEM PESISIR PANTAI DAN LAUT, PRAJURIT POSAL ATAPUPU IKUT TANAM POHON MANGROVE

Lantamal VII Kupang – Prajurit Pos TNI AL (Posal) Atapupu mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon mangrove dalam rangka merehabilitasi ekosistem pesisir pantai dan laut, bertempat di Pesisir Pantai Dusun Aidila, Desa Dualaus, Kec. Kakuluk Mesak, Kab. Belu, NTT. Selasa (25/08/2020).

Dalam rangka merehabilitasi ekosistem pesisir pantai dan Laut yang terancam rusak karena abrasi oleh gelombang laut, Prajurit Pos TNI AL (Posal) Atapupu mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon Mangrove yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belu, Dimana bibit pohon mangrove yang di tanam dalam kegiatan ini sejumlah 400 pohon.

Dalam arahan dan pernyataan pembukaan kegiatan penanaman pohon mangrove, Kadis Lingkungan Hidup Kab. Belu Bpk. Johanes A. Prihatin, SE, M.si., mengharapkan aksi ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dalam menghadapi abrasi dan menahan gelombang di pesisir pantai. Tanaman mangrove ini akan banyak mengembangkan ekosistem yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada di sekitar.

Terpisah, Komandan Pos TNI AL (Danposal) Atapupu Letda Laut (S) Arif Lambuto T., S.H mengatakan, “bahwa kegiatan penanaman pohon mangrove ini akan dapat memperindah dan memperkaya keragaman flora dan fauna sehingga bisa dinikmati wisatawan yang datang ke sini dan akan menimbulkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya”

“Kami juga berharap agar penanaman pohon mangrove ini dapat memperindah Wisata Pantai Aidila dan menjaga abrasi karena gelombang laut,” ujar Danposal Atapupu.

Hadir Dalam kegiatan tersebut : Plt. Kadis LH Kab. Belu Bpk. Johanes A. Prihatin, SE, M.si,  Danposal Atapupu Letda Laut (S) Arif Lambuto T., SH., Camat Kakuluk Mesak Bpk. Amundus Linci, S.Pt, Staf Kementeran LH Kab. Belu, Staf kantor camat Kakukuk Mesak, Staf desa Dualaus, Staf Kominfo Kab. Belu, Kelompok Tani Pelangi, Masyarakat sekitar pesisir pantai.

 

By. Dispen Lantamal VII