DANDEN POMAL LANAL KOTABARU HADIRI PENYERAHAN REMISI KEPADA WARGA BINAAN LAPAS KELAS 2A KOTABARU

DANDEN POMAL LANAL KOTABARU HADIRI PENYERAHAN REMISI KEPADA WARGA BINAAN LAPAS KELAS 2A KOTABARU
TARAKAN – Komandan Detasemen Polisi Militer TNI AL (Dandenpomal) Pangkalan TNI AL (Lanal) Kotabaru Kapten Laut (PM) Irvandik menghadiri acara penyerahan Remisi Umum kepada warga binaan Lapas Kelas II A Kotabaru dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-75 yang berlangsung di Lapas Kelas II Kotabaru, Jalan Brigjen H. Hasan Basri, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Senin (17/08/20).

Dalam sambutan Kemenkumhan RI disampaikan, “Proklamasi Kemerdekaan merupakan sebuah pernyataan bahwa bangsa Indonesia telah berhasil melepaskan diri dari belenggu penjajahan, Indonesia telah berdaulat penuh, Indonesia telah bebas dan Merdeka sekaligus membangun negaranya sendiri yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perjuangan meraih kemerdekaan sampai pada titik puncak merupakan ridho dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa. Warga binaan Pemasyarakatan merupakan bagian dari warga negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi, salah satu hak mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana (Remisi), yang diharapkan dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dalam kehidupan bermasyarakat”. Adapun penghuni lapas Kelas II A Kotabaru berjumlah 959 orang dengan keterangan, Narapidana 766 orang dan Tahanan 193 orang, sedangkan Narapidana yang memenuhi syarat dan diusulkan remisi 445 orang serta Narapidana yang tidak memenuhi syarat 321 orang.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, S.H., Kalapas Kelas II A Kotabaru Hidayat, A.Md., IP., S.H., M.M., Pasintel Kodim 1004/Ktb Kapten Inf Wartono, Kasat Sabhara Polres Kotabaru AKP Sutrisno beserta undangan lainnya.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.