DANPOSAL WAINGAPU HADIRI DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI KE-75 TAHUN 2020 KABUPATEN SUMBA TIMUR

Lanal Pulau Rote – Komandan Pos TNI AL (Danposal) Waingapu mengikuti kegiatan Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tingkat Kabupaten Sumba Timur Tahun 2020, bertempat di Lapangan Kantor Bupati Sumba Timur, Jalan Jendral Soeharto No.42, Hambala, Kota Waingapu, Kab. Sumba Timur, NTT. Senin (17/08/2020).

Dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tingkat Kabupaten Sumba Timur Tahun 2020 dengan tema “Indonesia Maju, Bangga Buatan Indonesia” yang bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora sedangkan Komandan Upacara adalah Pasipers Kodim 1601/Sumba Timur. Sedangkan pasukan upacara terdiri dari : 1 (Satu) Peleton Kodim 1601/ST, 1 (Satu) Peleton Brimon Subden 3 Den A Pelopor Sumba Timur, 1 (Satu) Peleton Polres Sumba Timur, 1 (Satu) Peleton Sat Pol PP dan 1 (Satu) Peleton Paskibraka.

Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora dalam amanatnya menyampaikan pelaksanaan Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI kali ini dilaksanakan tidak seperti biasanya karena pandemi Covid-19 yang menyebabkan menurunnya perekonomian dan produktivitas masyarakat baik daya beli maupun jual.

Selain itu ada tiga hal yang di sampaikan oleh Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora dalam sambutannya diantaranya adalah Pemilu Kada sebagai sebuah pesta demokrasi harus di ikuti secara tenang, bebas dan gembira tanpa tekanan dan intimidasi dari siapapun; Dalam berpolitik harus mengedepankan perilaku politik yang santun dengan cara menghargai perbedaan pilihan;  dan Suasana yang aman dan damai sangat di tentukan oleh bentuk-bentuk komunikasi politik yang terbangun secara verbal, non verbal maupun melalui media, terutama pemanfatan media sosial, penyebaran berita hoax yang memancing dan provokatif serta fitnah.

Turut hadir dalam giat : Wakil Bupati Sumba Timur, Unsur Forkopimda ST, Ketua dan Anggota DPRD ST, Ketua Pengadilan Negeri Waingapu, Ketua Pengadilan Agama Waingapu, Sekda ST, Danposal Waingapu, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK ST, Pimpinan Organisasi Wanita ST, Para Asisten pada Setda ST, Pimpinan OPD ST, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Para Perwira TNI dan Polri.

 

(JND) PEN7