Tim Kopaska, Satgas Perisai Sakti 2020 Laksanakan Patroli dan Perawatan Suar Karang Unarang

TNI AL, Koarmada II, 16 Agustus 2020

Banyak cara untuk memperingati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI 75 tahun 2020. Salah satunya adalah dengan melaksanakan perbaikan tiang bendera merah putih yang berada di suar Karang Unarang di perairan Ambalat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Kopaska Satgas Perisai Sakti 2020 dibawah kendali Gugus Tempur Laut Koarmada II, Sabtu (15/8).

Tim Kopaska, saat itu sedang melaksanakan patroli laut di wilayah perairan perbatasan Kalimantan Utara menyempatkan diri untuk mempercantik tiang bendera di diatas suar Karang Unarang dibawah pimpinan Letda Laut (P) Mukhamad Fitranto.

Tim Kopaska Satgas Perisai Sakti 2020 memang secara rutin melaksanakan patroli di perairan perbatasan NKRI -Malaysia yang menjadi tanggung jawabnya, untuk menjaga Kedaulautan dan hukum wilayah perairan NKRI .

Dari tempat terpisah, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo menyampiakan “Pelaksanaan patroli rutin di Karang Unarang merupakan tindak lanjut dari perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto untuk terus melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap wilayah perbatasan serta perawatan suar Karang Unarang yang menjadi identitas Negara Indonesia diperairan Ambalat“ Kata Danguspurla Koarmada II.

“Dengan dilaksanakannya perbaikan tiang bendera  dan penggantian bendera baru oleh Satgas Perisai Sakti 2020, diharapkan Sang Saka Merah Putih semakin kokoh menunjukkan eksistensinya sebagai lambang negara di batas Utara NKRI”, pungkas Danguspurla.

(Sgt/Pen2)