Patkamla Pulau Semau II-7-19 Lantamal VII Evakuasi Medis Laut Pasien Covid-19 dari Pulau Semau

Lantamal VII – Personel Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VII yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Lantamal VII dengan menggunakan Patkamla Pulau Semau II-7-19 melaksanakan evakuasi medis laut pasien covid -19 dari Pulau Semau ke Pelabuhan Tenau Kupang, NTT. Sabtu (25/08/2020).

Pasien positif virus corona berjenis kelamin laki-laki tersebut datang dari Jakarta ke Pulau Semau Kupang seminggu lalu dalam rangka melaksanakan pekerjaan sebagai teknisi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sesuai protap kesehatan untuk pendatang yang baru datang dari zona hitam wajib melaksanakan karantina dan monitoring pemeriksaan sehingga dari pihak Puskesmas dan Dinkes Kabupaten Kupang sekitar 4 hari yang lalu melaksanakan swab test kepada pasien tersebut dan hari Sabtu tanggal 15 Agustus 2020 hasil swab test keluar dengan hasil dinyatakan positif swab.

Setelah mengetahui swab test positif covid-19, Puskesmas Semau meminta bantuan ke Lantamal VII Kupang untuk melaksanakan evakuasi pasien covid-19 (menyeberangkan) dari Pulau Semau ke Pelabuhan Tenau dikarenakan perahu klotok penyeberangan tidak ada yang mau atau berani mengangkut pasien covid-19 tersebut.

Menindaklanjuti hal tesebut, Lantamal VII menggerakkan unsur Satrol Lantamal VII yaitu Patkamla Pulau Semau II-7-19 dengan didukung oleh personel Diskes Lantamal VII melaksanaakan evakuasi medis laut pasien covid-19 dari Dermaga penyeberangan Pulau Semau ke Pelabuhan Tenau Kupang. Selanjutnya pasien covid-19 dievakuasi ke RS Undana dengan menggunakan Ambulans Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota kupang untuk melaksanakan karantina dan perawatan.

Kegiatan lanjut sementara Puskesmas Semau melaksanakan tracking kepada teman-teman pasien disekitarnya .

Selama pelaksanaan evakuasi medis laut seluruh personel Diskes Lantamal VII menggunakan APD lengkap, Baju Hazmat, sarung tangan, masker, face shield, sepatu boot, penyemprotan desinfektan sebelum dan sesudah evakuasi medis ke personel Diskes Lantamal VII dan Patkamla Pulau Semau II-7-19.

Kadiskes Lantamal VII Letkol Laut (K) M. Haris Bennu dalam sebuah kesempatan mengatakan, “kegiatan evakuasi medis laut pasien covid-19 dari Pulau Semau adalah wujud sinergitas dan kerjasama yang baik antara Lantamal VII dengan instansi terkait di dalam pencegahan dan penanggulangan virus covid-19 di wilayah NTT khususnya di Pelabuhan Tenau Kupang”.

 

(JND) PEN7