Jelang Peringatan HUT RI ke-75, Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta Gelar Doa Bersama

Lantamal V, 16 Agustus 2020,—

Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-75 Tahun 2020, prajurit dan PNS Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II menggelar acara Dzikir dan Doa Bersama, bertempat di Markas Komando (Mako) Sementara Lanal Yogyakarta di Jl. Wiyoro 21 Baturetno Banguntapan Bantul Yogyakarta pada Sabtu (15/8).

 

Acara diawali dengan sholat Magrib berjamaah sekira pukul 17.50 Wib, selesai sholat dilanjutkan siraman rohani, dzikir dan doa bersama dipimpin Bintara Rohani (Baroh) Lanal Yogyakarta Serma Mes H. Sunarno. Dalam kesempatan memberikan sambutan acara tersebut, Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Wahyu Hiyanto menyampaikan maksud dan tujuan acara digelar, selain untuk menyambut peringatan HUT RI Ke-75, dzikir dan doa bersama juga sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia hingga saat ini telah berusia 75 tahun, tentunya kita sebagai generasi penerus bangsa, terlebih kita sebagai bagian kekuatan TNI harus dapat mengisi kemerdekaan dengan karya dan pengabdian terbaik untuk bangsa dan negara.

 

Adapun Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek, S.E, D.S.D.S pada kesempatan briefing staf untuk perencanaan rangkaian peringatan HUT RI Ke-75 Lanal Yogyakarta, menyampaikan arahannya bahwa sesuai instruksi Komando Atas dalam hal ini berdasarkan Surat Dinas Telegram Kasal Nomor 176/Spers/0820 TWU.  0810.1840 untuk dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI Ke-75 Tahun 2020 antara lain, tanggal 14-16 Agustus dzikir dan doa bersama di masjid, kantor dan rumdis angkatan laut, tanggal 16 Agustus pukul 24.00 dzikir bersama sebagai pengganti renungan suci, tanggal 17 Agustus mengikuti upacara detik-detik proklamasi Istana Negara Jakarta secara virtual dan pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur.

 

“Seluruh rangkaian kegiatan tersebut, mari kita laksanakan sebaik-baiknya tanpa mengurangi hikmah peringatan HUT RI yang dilaksanakan dalam situasi masih pandemi virus Covid-19, dengan harapan semoga bangsa Indonesia dapat segera terbebas dari virus Covid-19 dan kembali bangkit dalam upaya membangun masyarakat, bangsa dan negara”, sebagai arahan dan harapan Danlanal Yogyakarta.