PERWIRA DISKUM LANTAMAL XIII IKUTI WEBINAR FGD DENGAN DISKUMAL

TARAKAN – Perwira Dinas Hukum (Diskum) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan mengikuti kegiatan Webinar Focus Group Discussion (FGD) dengan Dinas Hukum TNI AL (Diskumal) yang berlangsung pada pukul 10.30 Wita di Kantor Diskum Lantamal XIII, Jl. Yos Sudarso, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (12/08/20).

Dengan tema “Perairan Pedalaman dan Pengelolaan pulau-pulau Terluar Dalam Sistem Pertahanan Negara”, Webinar FGD ini diselenggarakan oleh Diskumal dan dimoderatori oleh Presenter TV Indosiar Sdri. Nurul Cinta, S.H., M.H. Adapun rangkaian kegiatannya meliputi, pembukaan oleh Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E.,M.M., paparan materi oleh Dirjend Pengelolaan Ruang Laut KKP yang diwakili oleh Dirjend Pembinaan Daerah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil KKP M. Yusuf S.E., M.Si. dengan judul “Pengelolaan pulau–pulau Kecil Terluar”, paparan oleh Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Yudi Harymukti, S.E., M.BA. dengan judul “Aspek Ekonomi Moneter dan Pengelolaan Uang Rupiah di pulau- pulau Terluar” dan paparan oleh Kadis Pemetaan Pushidrosal Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana, P.S.H., M.M. dengan judul “Internal Waters”.

Acara selanjutnya yakni diskusi dan tanya jawab terkait kedaulatan rupiah di daerah perbatasan yang nilai tukarnya menggunakan 2 (dua) mata uang, Rupiah dan Ringgit Malaysia. Dari pertanyaan tersebut dijawab bahwa BI senantiasa akan bekerja sama antar stakeholder dalam mengatasi masalah tersebut walaupun agak sulit karena banyak faktor termasuk pasokan ketersediaan barang. Selanjutnya acara FGD ditutup oleh Kadiskumal Laksamana Pertama Kresno Buntoro, S.H., LLM., Phd.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.