DANLANAL KOTABARU LUNCURKAN PROGRAM NELAYAN TANGGUH KABUPATEN KOTABARU

KOTABARU – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kotabaru merupakan Lanal dibawah jajaran Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan yang berkedudukan di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Setelah beberapa waktu lalu Komandan Lanal (Danlanal) Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, S.T. memberikan sosialisasi, himbauan dan edukasi kepada para nelayan Kotabaru, kali ini Danlanal Kotabaru bersama Bupati dan Forkompinda Kotabaru hadir di Desa Rampa mencanangkan Nelayan Tangguh Kotabaru, Rabu (12/08/2020).

Terbentuknya Kampung Nelayan Tangguh ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan sesuai protokol Covid-19 dalam mencegah dan memutus penularan virus serta menumbuhkan kesadaran masyarakat nelayan dan pesisir pantai terhadap pentingnya keselamatan berlayar/melaut.

“Kita harapkan nelayan memiliki tangguh kesehatan, tangguh keselamatan dilaut, dan tangguh ekonomi di kampung nelayan bisa pulih kembali. Dengan manejemen yang baik serta ketaatan masyarakat dengan protokol maka perlahan kesejahteraan masyarakat akan stabil kembali, serta dapat mampu menekan angka kecelakaan di laut, kita berikan atensi perhatian penuh disini, kita juga berikan pembinaan kepada nelayan. Harapannya, semoga roda perekonomian mereka segera kearus cakap dalam penanganan Covid-19. Tidak hanya antisipasi Covid-19 tapi bagaimana nelayan bisa mandiri dan memanfaatkan lingkungan sekitar agar roda perekonomian tetap berjalan,” ujarnya Danlanal.

Turut hadir dalam acara peresmian Nelayan Tangguh antara lain, Ketua DPRD Kotabaru, Kapolres Kotabari, Dandim 1004/Ktb serta masyarakat nelayan dan pesisir Desa Rampa Kotabaru.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.