PERSONEL KEUANGAN LANTAMAL VII IKUTI BIMTEK OTOMASI PENYUSUNAN LK DILINGKUNGAN TNI AL TA 2020 VIA VICON

Lantamal VII – Personel Keuangan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII mengikuti bimbingan teknis otomasi penyusunan Laporan Keuangan di lingkungan TNI AL Tahun Anggaran 2020 secara Daring (Dalam Jaringan) menggunakan sarana email  dan video conference,  bertempat di ruang Serba Guna Mako Lantamal VII, Jalan Raya El Nusa, Bolok, Kupang, NTT. Senin (10/08/2020).

Acara bimbingan teknis otomasi penyusunan Laporan Keuangan (LK) di lingkungan TNI AL Tahun Anggaran 2020 yang akan berlangsung dari tanggal 10 s.d. 13 Agustus 2020 dibuka dan dipimpin langsung olehKepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI  Dr. R. Anang D. Kuncoro, S.E., M.M., CFrA., CHRMP, melalui video conference untuk menyesuaikan program aplikasi dari Kemkeu serta disesuaikan dengan kondisi yang ada di lingkungan TNI AL.

Kegiatan Bimtek otomasi penyusunan Laporan Keuangan (LK) di lingkungan TNI AL Tahun Anggaran 2020 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan penjelasan dan pemahaman yang lebih mendalam bagi para operator penyusun laporan keuangan yang ada di lingkungan TNI AL agar pengetahuannya tidak hanya sebatas mengoperasikan aplikasi tetapi juga mampu membuat analisa laporan keuangan yang dihasilkan sehingga diharapkan akan lebih baik dari laporan-laporan tahun sebelumnya.

 

Dalam sambutannya saat membuka acara bimbingan teknis otomasi penyusunan LK, Kadiskual Laksamana Pertama TNI  Dr. R. Anang D. Kuncoro, S.E., M.M., CFrA., CHRMP menyampaikan ,” Laporan keuangan yang berkualitas akan dapat memberikan informasi yang tepat bagi para stake holder untuk pengambi lan keputusan selanjutnya, namun laporan keuangan yang disusun seadanya akan berdampak terhadap kurang akuratnya bagi para pengambil keputusan dalam melaksanakan tugasnya.hadirin yang berbahagia, berdasarkan peraturan pemerintahnomor 71 tahun 2o1o telah dijelaskan tentang karakteristik kualitatif suatu laporan keuangan. karakteristik kualitatif tersebut merupakan prasyarat normatif yang diperlukan agar laporan keuangan pemerintah dapat memenuhi kualitas yang dikehendaki. keempat prasyarat kualitatif laporan keuangan tersebut adalah relevan, handal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. untuk dapat mewujudkan keempat karakteristik di atas, maka setiap entitas harus memperhatikan empat faktor laporan keuangan yang berkualitas, yaitu kompetensi sumber daya manusia, teknologi informasi, rekonsiliasi dan sistem pengendalian internal. keempat faktor diatas sangat berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasikan oleh entitas, sehingga apabila kita menginginkan adanya laporan keuangan yang berkualitas, maka keempat faktor tersebut harus bisa kita laksanakan dengan baik dan sesuai ketentuan.”

 

Ikut hadir dalam kegiatan Bimtek otomasi penyusunan LK Kakuwil Lantamal VII, Ka Akun Lantamal VII, Kasi APK Kuwil Lantamal VII, Operator Kuwil Lantamal VII dan Operator Saiba Akun Lantamal VII.

 

/ Dispen Lantamal VII