PRAJURIT POSMAT BUNATI LANAL KOTABARU BANTU EVAKUASI MAYAT MENGAPUNG DI PERAIRAN BUNATI

TARAKAN – Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Bunati merupakan satuan terkecil dibawah jajaran Lanal Kotabaru dibawah Komando Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) yang mempunyai tugas dan peranan sebagai mata serta telinga Lanal Kotabaru sekaligus merupakan unsur pelaksana teknis yang bertugas mengumpulkan informasi data intelijen maritime dan juga berfungsi sebagai SAR. Pada hari Jum’at (07/08/20), Prajurit Posmat Lanal Kotabaru membantu evakuasi mayat yang mengapung di perairan Laut Bunati, tepatnya pada posisi 3°48′ 745″ S – 115° 40′ 143″ E.

Awal penemuan mayat diketahui berdasarkan informasi dari Bapak Khusairi yang merupakan Ketua RT. 02 Desa Sebamban Lama, ia mendapat laporan dari warganya yang sedang melaut bahwa melihat adanya mayat mengapung di perairan Bunati, selanjutnya Bapak Khusairi melaporkan ke Posmat TNI AL Bunati, Pos Airud Polres Tanah Bumbu dan Syahbandar Bunati. Setelah mendapat laporan tersebut anggota Posmat, Polsek, Airud dan Syahbandar meluncur kelokasi penemuan mayat dengan menggunakan speed Airud Polres Tanah Bumbu.

Saat tiba dilokasi, mayat dievakuasi menuju pelabuhan masyarakat Desa Bunati untuk dibawa ke Puskesmas Sebamban II guna dilaksanakan pemeriksaan Visum. Disebabkan kondisi tubuh sudah banyak yang hilang sehingga hasil pemeriksaan sementara dari Puskesmas belum dapat mengidentifikasi ciri-ciri mayat. Selanjutnya, terkait penemuan mayat tersebut ditangani oleh Polsek Angsana untuk penyelidikan lebih lanjut.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.