JALASENASTRI LANTAMAL VII IKUTI TALK SHOW SOSIALISASI UU NO. 16 TAHUN 2019

Lantamal VII – Ketua Korcab VII DJA II Ny. Suwerni Kompiang Aribawa beserta pengurus Korcab VII mengikuti Talk Show Sosialisasi UU No. 16 Tahun 2019 tentang batas usia perkawinan dalam berbagai perspektif, dalam rangka Hari Anak Nasional Tahun 2020 melalui Zoom Meeting, Bertempat di Kantor Korcab VII DJA II, Komplek TNI AL Osmok, Jl. Yos Sudarso No.5, Namosain, Kupang, NTT. Jumat, (07/08/2020).

 

Dengan tetap memperhatikan Sosial dan Phisycial Distancing kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memperkenalkan secara tepat tentang perubahan batasan usia perkawinan pada Undang-undang Perkawinan No.16 Tahun 2019 yang menegaskan bahwa pasangan harus berusia 19 tahun. Upaya progresif Pemerintah dalam menurunkan angka perkawinan anak dibawah umur ditandai dengan langkah melalui Undang-Undang (UU) No. 16 Tahun 2019, sehingga batas minimal usia perkawinan bagi perempuan disamakan dengan laki-laki menjadi 19 (sembilan belas) tahun.

Bahwa batasan usia yang dibolehkan melakukan perkawinan antara laki-laki dan perempuan adalah minimal usia 19 tahun. Ada Dispensasi yang bisa diberikan kepada anak yang akan menikah antara lain harus melalui pengadilan yang diajukan oleh orang tua pihak laki-laki dan atau perempuan, harus disertai alasan-alasan yang kuat dan pengadilan harus menghadirkan calon laki-laki dan perempuan yang akan melangsungkan perkawinan.

Meskipun telah disahkan Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2019, Indonesia masih tercatat sebagai Negara ke-8 dengan angka perkawinan anak tertinggi di seluruh dunia dan tertinggi ke-2 di Asia Tenggara. Untuk itu menjadi penting untuk terus mensosialisasikan materi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 dan menyuarakan upaya pencegahan perkawinan anak dibawah umur ke seluruh pelosok tanah air.

Ketua Korcab VII DJA II Ny. Suwerni Kompiang Aribawa dalam kesempatan mengatakan, “sosialisasi tentang batasan usia minimal pernikahan anak ini sangat bermanfaat dan memberi pengetahuan bagi para orang tua yang nantinya akan menikahkan para anak-anaknya”.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Korcab VII DJA II, Wakil Ketua Korcab VII DJA II, Pengurus Korcab VII DJA II, Ketua Cabang 1 Korcab VII DJA II, Ketua Ranting D Cabang 1 Korcab Pasmar 2 dan Perwakilan Cabang 1 Korcab VII DJA II.

 

/ Dispen Lantamal VII