DANLANAL KOTABARU PERINTAHKAN ANGGOTA UNIT INTEL DAN POTMAR BANTU PENCARIAN NELAYAN YANG HILANG

TARAKAN – Pangkalan TNI AL (Lanal) Kotabaru merupakan Lanal dibawah jajaran Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan yangberkedudukan di Provinsi Kalimantan Selatan. Pada hari Kamis (06/08/20) Komandan Lanal Kotabaru perintahkan anggota Unit Intel dan anggota Staf Potensi Maritim Lanal Kotabaru untuk membantu pencarian 3 nelayan Rempa Kepiting Warga RT 14 Desa Rampa Lama yang diduga hilang saat mencari kepiting, Kamis (06/08/20).

Adapun ketiga nelayan tersebut atas nama Ahmad Yanto, Darmansa dan Ammarudin. Pencarian ini bermula dari laporan warga Desa Rampa Lama atas nama Ibu Fitri dan ibu Alda Rahmawati melalui Call Center Lanal Kotabaru terkait belum kembalinya 3 orang nelayan Rempa Kepiting Warga RT 14 Desa Rampa Lama. Dari laporan tersebut Komandan Lanal Kotabaru segera menindaklanjuti dengan memerintahkan Unit Intel dan anggota Potmar Lanal Kotabaru untuk melakukan SAR bersama Ketua Insan dan Tagana.

Mengawali pencarian, Tim SAR gabungan melaksanakan pendataan ke rumah korban untuk mengumpulkan keterangan, dari keterangan saksi diketahui bahwa pada hari Rabu (05/08/20), pukul 05.00 Wita ketiga nelayan dengan menggunakan 1 kapal jenis Balapan, pergi untuk merempa Kepiting dan kerabat korban telah berupaya melakukan pencarian dengan menggunakan 3 perahu kelotok ke arah Tj. Pemancingan yang merupakan sektor pencarian kepiting korban.

Pada pukul 09.00 Wita, korban berhasil ditemukan oleh rekan korban sesama nelayan, menurut informasi, keterlambatan mereka kembali dikarenakan ada kerusakan mesin dan tidak membawa alat komunikasi.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.