Pangkoarmada II Dukung Sosialisasi dan Field Check ENC TSS di Selat Lombok

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 05 Agustus 2020.

 

Panglima Komando Armada RI II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto didampingi Danguskamla Koarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi dan Asops Koarmada II mendukung kegiatan Sosialisasi dan  Field Check ENC TSS Selat Lombok oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro di lounge room KRI Diponegoro-365 pada Selasa (04/08/2020.

 

TSS Selat Lombok yang diberlakukan pada bulan Juli 2020 merupakan sistem pengaturan alur pelayaran dan pelayanan serta pemantauan kepada kapal yang  keluar masuk serta melintas di jalur ALKI II sehingga dapat dijamin keselamatan dan keamanannya.

 

Acara sosialisasi TSS sengaja dilaksanakan diatas KRI DPN-365 yang sedang berlayar diselat Lombok sekaligus untuk melihat langsung penerapan aturan TSS bagi kapal-kapal yang melintas di jalur ALKI II

 

Menurut Heru-sapaan karib Pangkoarmada II sistem pengaturan alur pelayaran di Selat Lombok ini sangat diperlukan karena Indonesia mempunyai wilayah laut yang didalamnya terdapat ALKI sehingga diperlukan pengaturan alur yang bertujuan untuk menjamin keselamatan pengguna jasa maritim, “ ungkapnya.

 

Selesai Sosialisasi, Pangkoarmada II bersama Kapushidrosal beserta tamu undangan melaksanakan peninjauan ke Anjungan KRI DPN-365 untuk melaksanakan radio check antara KRI DPN-365 dengan VTS Benoa dan pengenalan sistem peta navigasi elektronik atau ENC serta konferensi pers Pangokoarmada II dan Kapushidrosal dilanjutkan peninjauan ke ruang PIT KRI Diponegoro-365.

 

Hadir pada acara sosialisasi ini diantaranya, Komandan Lanal Denpasar, para pejabat Instansi Maritim provinsi Bali, perwakilan Pemda Bali dan perwakilan TNI/Polri provinsi Bali.

 

(Hdx/Pen2)