Kasal Saksikan Panen Raya Kebun Ketahanan Pangan Lantamal VI Di Karuwisi Melalui Vicon

Makassar, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dan Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ibu Vero Yudo Margono melalui video conference (Vicon) saksikan panen raya kebun ketahanan pangan TNI AL Karuwisi Lantamal VI . Rabu (05/08/2020).

Sebelum saksikan panen raya melalui Vicon di kebun Karuwisi Lantamal VI dimulai, Kasal dan Ketum Jalasenastri terlebih dahulu melaksanakan dialog interaktif seluruh Lantamal dari Lantamal I sampai Lantamal XIV dan kotama lainnya melalui vicon

Dalam Vicon tersebut, Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas bersama para pejabat Lantamal VI dan pengurus Korcab VI DJA II mengikuti seluruh rangkaian jalannya acara.

Usai dialog interaktif selesai, secara serentak seluruh hadirin yang mengikuti Vicon Lantamal VI melaksanakan panen raya tanaman sayuran yang merupakan hasil program Ketahanan Pangan Lantamal VI yang disaksikan secara live oleh Kasal melalui layar Vicon.

Wadan Satgas Ketahanan Pangan Lantamal VI Letkol Marinir Amir Saifan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah tatap muka dengan Kasal dan Ketum Jalasenstri dengan seluruh Lantamal dari Lantamal I sampai dengan Lantamal XIV serta jajaran kotama di bawah Mabesal melalui Vicon.

Adapun tujuan digelar Vicon tersebut adalah untuk mengecek ketahanan pangan diwilayah masing–masing daerah dalam rangka menghadapi pandemik Covid-19, ujarnya.

Lebih lanjut Letkol Marinir Amir Saifan mengatakan bahwa lahan ketahanan pangan yang dikelola di Karuwisi sekitar 2 hektar dengan perincian 1,5 hektar ditanami sayur mayur berupa kangkung, terong, sawi , salada hijau, salada pandan, pacoy serta welang dan 500 meternya lagi ditanami ubi dan jagung. Pada panen raya pada hari ini semua sayuran tersebut telah siap dipanen, ungkapnya

Selain di lahan TNI AL Karuwisi, kita juga telah mengelola ketahanan pangan seluas 5 hektar di lahan TNI AL Km.17 Makassar yang telah ditanami oleh ubi kayu dengan luas 3 hektar, ubi jalar 1 hektar dan jagung 1 hektar. Untuk rencana panennya sekitar bulan Desember mendatang. Satgas ketahanan pangan Lantamal VI juga telah melaksanakan pembibitan ikan tawar dan ikan laut.