DANLANTAMAL XIII IKUTI GIAT PANEN RAYA DI LAHAN KETAHANAN PANGAN LANTAMAL XIII

TARAKAN – Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. mengikuti kegiatan panen raya ikan Patin yang berlangsung di Lahan Ketahanan Pangan Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (05/08/20).

Pada kegiatan panen raya ini, sekaligus dilaksanakan tatap muka secara video conference yang terhubung langsung dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Dalam kesempatan tersebut Danlantamal XIII berkesempatan melaporkan kagiatan program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Lantamal XIII kepada Kasal, “sampai dengan saat ini, Lantamal XIII telah mengolah lahan tidur menjadi lahan pertanian dan perikanan, salah satunya dengan membuat tiga tambak yang selanjutnya diisi bibit ikan yakni ikan patin, lele dan mujahir”.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan panen raya hasil pertanian oleh ibu-ibu Jalasenastri yang dipimpin langsung oleh Ketua Koordinator Cabang XIII (Korcab XIII) Daerah Jalasenastri Armada II (DJA II) Ny. Putri Haris Bima di lahan ketahanan pangan yang telah digarap oleh Tim Satgas Ketahanan Pangan Lantamal XIII, adapun hasil pertanian yang dipanen diantaranya, sayuran sawi, pokcoy, terong, tomat, cabai, seledri, brokoli dan tanaman hidrophonik lainnya.

Dipenghujung acara, dilaksanakan pula penebaran bibit ikan lele oleh Danlantamal XIII yang didampingi oleh Ketua Korcab XIII DJA II. Dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka menyikapi kondisi pandemi Covid-19 sebagai upaya mendukung pemerintah guna mencegah kelangkaan bahan pangan.

Turut hadir dalam acara panen raya tersebut antara lain, Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Nur Aziz, para Asisten Danlantamal XIII, Dansatrol Lantamal XIII Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo, Danyonmarhanlan XIII Letkol Marinir Parison Renaldo Siregar, S.H., M.M., para Kadis/Kasatker Lantamal XIII, para prajurit dan PNS serta Ibu-ibu Jalasenastri Lantamal XIII.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.