SATROL LANTAMAL VII DETEKSI KEDATANGAN KAPAL ASING YACHT OZZIE MOZZIE DI PERAIRAN NTT

Lantamal VII – Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI AL (Satrol Lantamal) VII yang melaksanakan operasi rutin dalam rangka Operasi Keamanan Laut Terbatas tahun 2020 mendeteksi dan memeriksa kapal asing Yacht Ozzie Mozzie di perairan Namosain, NTT. Selasa, (04/08/2020).

Dalam operasi rutin oleh Satrol Lantamal VII dilaksanakan unsur unsur diantaranya adalah Kapal TNI AL (Kal) Kembang II-7-01 yang di Komandani oleh Letda Laut (P) Setio Nurcahya. Pada kegiatan patroli rutin tersebut Kal Kembang mendeteksi kedatangan dan memeriksa Kapal Yacht Ozzie Mozzie berbendara Australia yang sedang lego jangkar, di perairan Namosain, Nuan Bau Sabu (NBS), Kec. Alak, Kupang, Provinsi NTT. Sebelum pemeriksaan tersebut petugas menanyakan kepada agen kapal yacht yaitu Bapak Mateo,mengenai tujuan dan maksud keberadaan kapal yacht tersebut serta di laksanakan pengecekan dokumen kapal.

 

Dari hasil pemeriksaan serta pengecekan dokumen kapal dan kesehatan 1 orang WNA asal Australia atas nama Anstey Peter Graham, laki laki 59 tahun, kelahiran London tidak di temukan kendala. Tujuan dan maksud WNA tersebut masuk di perairan Kupang, NTT dalam rangka telah kembali singgah sebelumnya dari Nimbrala, Rote; perbaikan propeler dan sistem air laut menjadi air tawar. Warga negara Australia tersebut juga berencana untuk ke Kantor Imigrasi dan Kantor KKP Kota Kupang untuk melakukan laporan cek kesehatan dan melaksanakan perpanjangan pasport untuk tinggal tetap sementara sampai dengan nantinya kapal tersebut selesai perbaikan.

 

Hadir dalam pemeriksaan Yacht Ozzie Mozzie berbendara Australia: Komandan Kal Kembang II-7-01 Letda Laut (P) Setio Nurcahya; Petugas KSOP Kelas III Kota Kupang Bpk. Yerimias; Petugas KKP NBS, Kota Kupang Bpk. Ellus dan Petugas Imigrasi Kelas I TPI Kupang Bpk. Daud Goris H. Kolly.

 

Sampai dengan selesainya pemeriksaan dan pengecekan Kapal Yacht Ozzie Mozzie berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

 

I2N/PEN7