PANEN RAYA SAYURAN HIDROPONIK DI MAKO LANAL DENPASAR

Lantamal V, 30 Juli 2020.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar Bali melaksanakan panen raya sayuran di kebun cungkup, yang dibudidayakan di halaman Mako Pangkalan TNI AL Denpasar, Kamis (30/7).

 

Kebun cungkup ini berupa kebun sayur – sayuran binaan dari Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E., dengan menggunakan metode hidroponik. Kebun sayur Lanal Denpasar ini berlokasi di halaman Mako Lanal Denpasar Bali Jalan Raya Seseta 331 Denpasar Bali. Dalam pelaksanaannya, panen raya dipimpin langsung oleh Danlanal Denpasar Bali yang didampingi oleh Ketua Cabang 10 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dewi Ketut Budiantara , serta ibu-ibu Jalasenastri Lanal Denpasar dan dibantu oleh seluruh Prajurit serta PNS Mako Lanal Denpasar.

 

“Adapun yang dipanen di Kebun cungkup melalui pola tanam Hidroponik berupa tanaman sayuran, diantaranya Sawi, Bayam, Kangkung, Slada air, Pokcai, dll,” ucap Danlanal. Dan dijelaskan, kegiatan ini merupakan program kerja Lanal Denpasar dalam memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki Lanal Denpasar untuk dilakukan budi daya tanaman sayuran hidroponik guna mendukung ketahanan pangan sesuai program dari Pemerintah dalam situasi pandemic Covid-19 dan juga untuk kebutuhan sayuran keluarga di Mako Lanal Denpasar Bali.

 

“Selain tanaman sayuran tersebut, saat ini Lanal Denpasar Bali juga sedang membudidayakan ikan lele serta tanaman produktif lainnya. Diperkirakan, dalam massa pandemic Covid-19 ini kita bisa menghasilkan tanaman dan budidaya ikan lele yang lokasinya di Mako Lanal Denpasar untuk mengatasi ketahanan pangan sesuai yang dicanangkan oleh Pemerintah, ” tandasnya.

 

Kedepan, Lanal Denpasar bertekad menjadikan lahan yang kurang produktif untuk dijadikan kebun sayuran dan buah serta budidaya ikan lele. “Ini dilakukan, selain untuk dikonsumsi juga berguna menambah keindahan lingkungan sekitar dan bermanfaat bagi keluarga serta untuk ketahanan pangan,” ulasnya.

 

Dipanen raya yang perdana ini, merupakan langkah awal positif bagi Lanal Denpasar untuk memenuhi kebutuhan akan sayur – sayuran bagi keluarga, sayur yang merupakan sumber utama vitamin bertujuan agar warga Lanal Denpasar Bali dapat berpola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran. Semoga dengan panen raya ini warga Lanal Denpasar Bali dapat menikmati hasilnya dan akan menunjang pekerjaan dengan badan yang sehat.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Gede Padang, Paspotmar, Pasops, Pasintel, Pasprogar serta seluruh Perwira Staf, anggota Militer, dan PNS Mako Lanal Denpasar.