BAHAS PERMASALAHAN AKTUAL, ASINTEL DANLANTAMAL VII MENGIKUTI RAPAT KOMINDA PROV. NTT

Lantamal VII – Asisten Intelijen (Asintel) Danlantamal VII Kolonel Laut (S) Widi Hartono mengikuti Rapat Kominda Prov. NTT yang dipimpin langsung oleh Kepala Kominda NTT Brigjen TNI Adrianus S.A. Nugroho, bertempat di Gedung Graha Kelor Kantor Binda NTT, Jl. Piet A. Tallo No. 7, Kota Kupang, Prov. NTT. Rabu (29/07/20).

Rapat dan diskusi Kominda Prov. NTT yang dipimpin langsung oleh Kepala Kominda NTT Brigjen TNI Adrianus S.A. Nugroho dengan Agenda Rapat terkait dengan permasalahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta Kekeringan, Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020, Penyaluran Bantuan Sosisl (Bansos) dan Permasalahan Aktual lainnya di Prov. NTT.

 

Jajaran Kominda NTT tetap perlu melakukan pengawasan potensi kerawanan ATHG tahapan Pilkada pada masa pandemic agar semuanya berjalan lancar, aman dan tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, mengingat sudah ada pegawai KPU RI yang positif Covid-19. Saat ini tahapan Pilkada yang dilaksanakan KPU yaitu : Pencocokan dan penelitian Daftar Pemilih yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli s.d 13 Agustus 2020. selanjutnya akan dilakukan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran oleh PPS pada tanggal 7 s.d 29 Agustus 2020.

Berdasarkan data Mabes Polri, saat ini terdapat 92 kasus penyelewengan dana bansos di 18 Polda. Khusus di Polda NTT, terdapat 3 kasus penyelewenangan dana Bansos yang ditangani. Masyarakat mengeluhkan cukup banyak masyarakat yg tidak memenuhi syarat menerima bantuan terdata sebagai penerima bantuan misalnya dari kalangan PNS, aparatur desa, bahkan pengusaha.

 

Terkait Karhutla dan kekeringan, berdasarkan pantauan citra satelit NOAA dari LAPAN yang diverifikasi dengan menggunakan citra satelit Planet Scope. Sebanyak 3 (tiga) Kabupaten/Kota di NTT dan 1 (satu) Kabupaten di NTB yang mendapatkan status Awas atau Kode Merah kekeringan meteorologis. Daerah tersebut adalah Kota Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Dompu NTB.

 

Pejabat yang Turut Hadir :  Johanna Lisapaly (Sekretaris Kominda NTT),  Kolonel Arm Anton Irianto Popang (Kabagdukops Binda NTT), Kolonel Laut (S) Widi Hartono (Asintel Lantamal VII), Letkol Inf. Abdul Mufakher (Kasintel Korem 161/WS), Letkol Agus Suyono (Dantim BAIS), AKBP. Dahrul (Kasubdit 2 Polda NTT), Thomas Bangke (Kaban BPBD NTT), Lettu Hadi Fadillah (PS. Kaur Intelud), Bonifatius H. (Sekdis Sosial NTT) dan Henderina Malo (Koordinator Intel Kejati NTT).

 

 

(0N3/PEN7)