Dankolat Koarmada II, Buka Suspaidikla TA 2020

TNI AL. Koarmada II,  28 Juli 2020

 

Sebanyak 60 perwira berpangkat Kapten dan Mayor, mengikuti Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu Di Laut (Suspaidikla) TA 2020. Suspaidikla ini dibuka secara langsung oleh Komandan Komando Latihan (Dankolat)  Koarmada II Kolonel Laut (P) Mulyadi di Gedung Mandalika, pada Selasa (28/7).

 

Selama 9 minggu para peserta kursus yang berasal dari sejumlah kotama TNI AL di Surabaya, dan juga satuan kerja di jajaran Koarmada II dan Koarmada III ini akan menerima materi tentang penyidikan tindak pidana tertentu di laut, yang disampaikan oleh sejumlah praktisi hukum dari TNI AL dan umum.

 

Sementara itu Dankolat dalam sambutannya mengatakan bahwa terkait hukum, ada dua hukum yang berlaku di laut yakni Hukum Nasional dan Hukum Internasional.

 

“Dibutuhkan kepiawaian seorang perwira penyidik untuk men-selaraskan kedua hukum tersebut agar tidak bertentangan, bila terjadi suatu pelanggaran pidana di laut,” ujar Kolonel Mulyadi.

 

“Karenanya tugas perwira penyidik tidak ringan, mengingat keterbatasan sarana, prasarana dan sumber daya yang tersedia dihadapkan dengan luas laut yurisdiksi nasional Indonesia, serta kompleknya permasalahan keamanan laut di Indonesia,” tegas Mulyadi, sapaan karib Dankolat.

 

Di sisi lain Mulyadi menambahkan, jika penyelenggaraan Suspaidikla merupakan tindak lanjut dari himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, agar para perwira dibekali dengan Ilmu Hukum guna menjaga kedaulatan dan penegakan hukum NKRI mengingat wilayah perairan kita yang kaya akan potensi sumber daya alam.

 

Sementara kepada para peserta Suspaidikla,  Mulyadi menekankan agar mereka mengikuti semua materi hukum yang diberikan selama kursus secara seksama. Dan yang paling penting dan harus diingat selama mengikuti kursus harus mematuhi disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.