Dua Kapal Perang TNI AL Jajaran Koarmada II, Sandar Di Lanal Mamuju

TNI AL. Koarmada II,  26 Juli 2020

 

Dua kapal perang TNI AL di jajaran Koarmada II, yakni KRI Fatahillah- 361 dengan Komandan Letkol Laut (P) Agus Setiawan dan KRI Pandrong -801 yang dikomandani Mayor Laut (P) Novyan yang sedang melaksanakan Operasi Keris Sakti 20 di bawah BKO Guskamla Koarmada II sandar di Dermaga Rangas, Lanal Mamuju, pada Minggu (26/07)

 

Kedatangan kedua Kapal perang di dermaga Lanal ini di sambut langsung oleh Komandan Lanal Letkol Marinir La Ode Jimmy Herizal R., beserta sejumlah perwira staf.

 

“Kegiatan ini (Merplugh) merupakan tradisi Angkatan Laut dan merupakan penghormatan bagi kapal perang TNI AL yang sedang melaksanakan tugas operasi. Hal tersebut juga merupakan salah satu tugas dan fungsi pokok pangkalan, sebagai satuan dukungan pembekalan,  pemeliharaan personel serta perbaikan unsur-unsur operasional TNI AL,” jelas Danlanal Mamuju.

 

Sementara itu Letkol Agus Setiawan Menjelaskan  “Operasi Keris Sakti-20 yang dilakukannya saat ini dengan melaksanakan patroli secara terus menerus guna menjaga keamanan laut dari tindakan ilegal kapal-kapal di perairan ALKI II,” ujarnya

 

Agus Setiawan juga menambahkan jika operasi ini sesuai instruksi Pangkoarmada II, bahwa kita harus berupaya semaksimal mungkin menjaga kedaulatan wilayah perairan Indonesia. “Sebab Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang beraneka ragam, yang menarik minat negara lain untuk menguasainya,” terangnya.

 

Selesai kedua kapal sandar, acara dilanjutkan  kunjungan Komandan Lanal Mamuju bersama perwira ke KRI Fatahillah- 361 dan KRI Pandrong- 801.

 

(Nov/Pen2)