LANTAMAL XIII GELAR LATIHAN PHH

TARAKAN – Dipimpin langsung oleh Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (T) Subekti, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal XIII) Tarakan menggelar latihan pengendalian Huru Hara (PHH) yang berlangsung di Markas Komando (Mako) Lantamal XIII jln. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarkan Timur, Kota Tarkan, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (24/07/20).

Dalam latihan yang digelar, disimulasikan bahwa telah terjadi kerusuhan yang dilakukan oleh kelompok massa yang merasa tidak puas dengan kebijakan Lantamal XIII terhadap petani rumput laut, sehingga untuk menghadapinya, Lantamal XIII menggerakkan satu peleton personil PHH untuk melaksanakan pengendalian massa. Latihan yang dilaksanakan ini sebagai langkah menyatukan persepsi tentang tata cara bertindak dalam mengatasi masa yang anarkis.

Kegiatan latihan tersebut selain berguna dalam mengasah dan meningkatkan kemampuan dalam pengendalian massa, juga bermanfaat untuk pembinaan fisik dan mental prajurit sehingga diharapkan prajurit Lantamal XIII merasa siap dan mampu melakukan pengendalian massa apabila sewaktu-waktu terjadi pergerakan kelompok massa yang akan mengancam Mako Lantamal XIII.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.