Tingkatkan Pembinaan Personel, Satran Koarmada II Bekali Prajurit Dengan Ilmu Hukum

TNI AL, Koarmada II, Surabaya 23 Juli 2020

 

Sebagai prajurit yang memiliki tugas menegakkan kedaulatan NKRI di laut, sudah sepatutnya para personil pengawak KRI memiliki pengetahuan hukum yang mumpuni dalam pengambilan keputusan saat berhadapan dengan kapal perang negara asing. Oleh sebab itu Komandan Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II Kolonel Laut (P) Dr. Cecep Hidayat, menggelar acara sosialisasi hukum sebagai bagian dari pembinaan personel, Rabu (22/20).

 

Bekerja sama dengan Dinas Hukum Koarmada II, Letkol Laut (KH) Sonny Prihadi Nugroho selaku pemberi materi menyampaikan penyuluhan hukum mengenai Aturan Pelibatan (Rule of Engagement) yang sangat penting bagi seluruh prajurit sebagai bekal pelaksanaan operasi, serta menjadi dasar dalam pengambilan keputusan pada saat KRI berhadapan dengan kapal perang negara lain.

 

Sosialisasi semakin lengkap dengan  materi  tentang Traffic Separation Scheme (TSS) dan peraturan melintasinya,  terutama jalur TSS Selat Sunda dan Selat Lombok yang merupakan aturan baru dari Dinas Perhubungan Laut. “ Sehingga seluruh prajurit memiliki pengetahuan yang up to date terhadap hukum yang berlaku saat ini,” ujar Kolonel Cecep.

 

Ia pun menambahkan, “Pembinaan personel dengan melaksanakan sosialisasi tentang hukum yang mendukung tugas prajurit selaras dengan himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, untuk terus meningkatkan profesionalisme prajurit melalui kegiatan sosialisasi dan latihan,” terang Cecep,  sapaan karibnya.

 

Sementara itu sebagai materi terakhir, adalah tentang bantuan hukum untuk prajurit Koarmada II. Materi ini disampaikan untuk menjamin prajurit Koarmada II mendapatkan pelayanan di bidang hukum pada saat menghadapi permasalahan hukum baik pidana maupun perdata. “Diharapkan dengan adanya sosialisaasi hukum ini, menambah pengetahuan prajurit Satran terutama soal hukum, sehingga mampu meminimalisir pelanggaran”, tandas Cecep.

 

(Sgt/Pen2)