PRAJURIT POSAL ATAPUPU LAKSANAKAN PENGAWASAN PESISIR PANTAI DAN LAUT PELABUHAN ATAPUPU

Lantamal VII – Prajurit Pos TNI AL (Posal) Atapupu bersama dengan instansi terkait Kabupaten Belu melaksanakan kegiatan pengawasan pesisir pantai dan laut, bertempat di Dermaga Pelabuhan Atapupu, Desa Jenilu, Kec. Kakuluk Mesak, Kab. Belu, NTT. Kamis (23/07/2020).

Prajurit Posal Atapupu bersama instansi terkait Kabupaten Belu melaksanakan pengawasan pesisir pantai dan laut, dalam rangka menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan hidup di sekitar Dermaga Pelabuhan Atapupu. Dimana rombongan mengecek tingkat abrasi yang terjadi karena adanya pengambilan pasir dan batu karang (coral reef) yang berlebihan oleh masyarakat, pencemaran pantai akibat sampah plastik yang mengotori pantai dan kondisi sarana dan prasana dermaga pelabuhan Atapupu.

Selain itu rombongan juga melaksanakan sosialisasi tentang larangan bagi masyarakat menangkap ikan dan lobster dengan menggunakan kompresor atau pembiusan serta rencana pengaktifan kembali tempat pelelangan ikan (TPI) yang ada di pelabuhan Atapupu.

Ditempat terpisah, Danposal Atapupu Letda Laut (S) Arif Lambuto T, S.H., mengatakan, “pengawasan pesisir pantai dan laut yang dilakukan untuk menjaga dan melindungi perairan disekitar Pelabuhan Atapupu dari laju kerusakan ekosistem akibat abrasi”.

Hadiri dalam kegiatan : Camat Kakuluk Mesak, Bpk Yosuwara Cabang Ibas dan kelautan Provinsi NTT, Bpk Yosep UPT Kehutanan Belu, Bu Eta Kepala Bidang Dinas perikanan, Bpk Nuel Kepala Bidang Dinas lingkungan hidup, Anggota Posal Atapupu, Babinkantibmas Jenilu dan Dualaos serta Babinsa Jenilu.

 

(JND) PEN7