KRI Diponegoro-365 dan Tim Kopaska Berhasil Kibarkan Bendera Merah Putih Baru di Perbatasan Suar Karang Unarang

 

Nunukan, KRI Diponegoro -365 (DPN-365) dan tim Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang sedang mengelar pengawasan dan pengamanan di perairan wilayah Nunukan, berhasil melaksanakan pergantian bendera Merah Putih dan mengibarkan bendera Merah Putih yang baru di perbatasan suar Karang Unarang.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran prajurit TNI AL KRI DPN-367 dan prajurit Kopaska yang tergabung dalam Operasi Gabungan Pamtas RI-Malaysia di perairan Nunukan – Karang Unarang.

Proses pergantian bendera Merah Putih di suar Karang Unarang tersebut disaksikan langsung oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo, S.T., M.Tr. (Han), CHRMP.

Danguspurla Koarmada II menjelaskan proses pergantian bendera Merah Putih tersebut diawali dengan pergerakan Sea Rider tim Kopaska dari Dermaga Lanal Nunukan menuju perairan Karang Unarang

Setelah tiba di perairan Suar Karang Unarang, Tim Kopaska stanby menunggu dan mengkontak KRI DPN – 365. Dan tak lama kemudian Tim Kopaska bergerak cepat bersama Rhib KRI DPN menuju Suar Karang Unarang untuk melaksanakan penggantian Bendera di Suar Karang Unarang, ujarnya

Operasi gabungan Pamtas RI-Malaysia di perairan Nunukan – Karang Unarang sendiri berada di bawah kendali Guspurla Koarmada II, dalam melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut meliputi operasi tempur laut dan operasi amfibi baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan-tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.