LANAL BALIKPAPAN TINGKATKAN KEMAMPUAN PRAJURIT DALAM PENGENDALIAN HURU-HARA

TARAKAN – Pangkalan TNI AL(Lanal) Balikpapan melaksanakan kegiatan latihan untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam Pengendalian Huru-Hara yang berlangsung di Mako Lanal Balikpapan, Jl. Yos Sudarso, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur sebagai langkah antisipasi terhadap terjadinya unjuk rasa massa dari kelompok tertentu yang mengakibatkan gangguan keamanan, Selasa (21/07/20).

Kegiatan latihan yang dikuti oleh seluruh prajurit Lanal Balikpapan tersebut diawali dengan pemberikan materi PHH yang meliputi gerakan dasar dalam pembentukan formasi, bentuk formasi dalam pengendalian massa dan diakhiri dengan simulasi penanggulangan kerusuhan serta pertolongan terhadap korban.

Pada latihan tersebut diskenariokan telah terjadi aksi demo oleh sekelompok massa yang merasa tidak puas dengan kebijakan Lanal Balikpapan. Dalam aksinya massa dihadang oleh Tim PHH Lanal Balikpapan sehingga terjadi tindakan anarkhis dan bentrok fisik , namun dengan sigap Pasukan PHH berhasil menghalau dan menekan mundur para demonstran. Akibat dari kejadian tersebut, disimulasikan telah menimbulkan korban terluka akibat lemparan benda keras, sehingga dilakukan pertolongan oleh tim medis yang sebelumnya selalu siap dalam setiap kegiatan.

Adapun latihan yang dilaksanakan selain untuk meningkatkan kemampuan parjurit dalam Pengendalian Huru Hara, juga mempersiapkan diri untuk menghadapi uji petik P1 P2 yang akan dilaksanakan oleh Tim uji petik Kolat Koarmada II.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.