LOMBA RUMAH SEHAT DI JAJARAN LANAL MELONGUANE

Koarmada II. MELONGUANE (17/7/2020)  Hari Selasa tangga 14 Juli 2020 di komplek perumahan dinas Lanal Melonguane suasana nampak lebih ramai dari biasanya, terlihat ibu-ibu Jalasenastri Lanal Melonguane beserta Perwira dan anggota Lanal Melonguane berkumpul di rumah dinas yang ditempati oleh Serda TTU Christean Umbase dan Olivia Cristin Lalo, S.Pd. Pada kegiatan dalam rangka penilaian lomba rumah sehat di jajaran Lanal Melonguane itu nampak pula Ketua Cabang 7 Korcab VIII DJA II Ny. Lentina Adi Sucipto dengan didampingi oleh Letda Laut (T) Tarsono selaku Pabinhar Jalasenastri Lanal Melonguane dan Kapten Laut (PM) Joni Demmadika selaku Dandenpomal.

Dari hasil penilaian yang melibatkan tim penilai di internal Lanal Melonguane pada perlombaan rumah sehat tersebut, yang terpilih sebagai juara 1 adalah rumah dinas yang ditempati oleh Serda TTU Christean Umbase dan Olivia Cristin Lalo, S.Pd. yang merupakan pasangan muda asli putra-putri daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, juara 2 adalah rumah dinas yang ditempati oleh pasangan Koptu TTU Victor Sarapi Mea dan Sriyuni D. Tatuwo, A.Md. Kep serta juara 3 adalah rumah dinas yang ditempati oleh pasangan KLS Nav Hendy Pratama danYulianti,A.Md. Keb.

Terkait kegiatan tersebut Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr. Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane menyatakan bahwa kegiatan tersebut selain merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-74 Jalasenastri TAHUN 2020 juga merupakan program pembinaan internal dari Lanal Melonguane yang sudah dicanangkan sejak awal tri wulan II yaitu bulan Maret 2020. Terhadap para pemenang lomba rumah sehat tersebut, Perwira Menengah Korps Marinir berpangkat Letnan Kolonel tersebut memberikan hadiah khusus melalui Ketua Cabang 7 Korcab VIII DJA II Ny. Lentina Adi Sucipto yang diberikan kepada masing-masing pasangan.

Berbagai keterbatasan yang ada di wilayah perbatasan paling utara NKRI tersebut salah satunya menjadikan pertimbangan Danlanal Melonguane menghimbau kepada seluruh jajarannya terutama yang menempati rumah dinas untuk membuat taman tanaman obat keluarga (Toga) atau apotek hidup di halaman rumah masing-masing. Melestarikan Toga atau apotek hidup di lingkungan tempat tinggal akan membawa banyak sekali manfaatnya, ujarnya menambahkan. Selain taman toga, ia juga menyarankan agar setiap pekarangan rumah dinas di lingkungan Lanal Melonguane dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung program ketahanan pangan.

Mengakhiri pernyataannya, Komandan Lanal Melonguane juga menyampaikan himbauan agar seluruh jajarannya untuk terus kreatif dan produktif serta mampu menjadi pelopor berbagai hal yang positif di lingkungan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud guna mendukung kemajuan dan pembangunan daerah.