DANLANTAMAL VII PIMPIN UPACARA 17-AN SAAT ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Lantamal VII Kupang – Ditengah pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru yang ditetapkan pemerintah saat pandemi Covid-19, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa membacakan amanat Panglima TNI dalam upacara bendera 17 an, bertempat di Lapangan Mako Lantamal VII, Jl. Raya El Nusa, Bolok, Kupang, NTT. Jumat, (17/07/20).

Sambutan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, yang dibacakan oleh Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG Kompiang Aribawa menyampaikan dalam kutipan, “bahwa saat ini TNI dan Polri beserta komponen bangsa lainnya tengah melakukan upaya extraordinary untuk menurunkan angka penularan Covid-19 di 8 Provinsi prioritas, yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua. Upaya tersebut dilakukan dengan menggencarkan Testing, Tracing dan Treatment atau 3T, meningkatkan kapasitas rumah sakit dan layanan kesehatan, memperketat pengawasan di perbatasan serta penegakkan disiplin protokol kesehatan.

Selanjutnya Panglima TNI juga menyampaikan bahwa upaya-upaya ketahanan pangan yang selama ini telah dilaksanakan harus terus dijaga. Kreatifitas anggota di dalam memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan agar disosialisaskan kepada masyarakat di sekitar.

Diakhir amanatnya Panglima TNI memberikan penekanan yang harus dilaksanakan dan dikerjakan oleh seluruh prajurit dan PNS TNI yaitu tingkatkan Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, iringi upaya dengan doa dan pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI, sebagai landasan moral dalam pelaksaan tugas; pelihara kemanunggalan dengan rakyat, karena dengan dukungan rakyat kita akan dapat menanggulangi berbagai ancaman dan kesulitan yang dihadapi, termasuk ancaman pandemi Covid-19; jadilah pelopor dalam upaya pengendalian pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan di rumah, lingkungan kerja dan ksatrian serta saat berada di ruang publik; perkuat soliditas dengan Polri dan komponen bangsa lainnya untuk membantu Pemerintah mengendalikan pandemi, serta untuk menghadapi kecenderungan kerawanan yang mungkin terjadi dan tingkatkan profesionalisme individu dan satuan agar tugas terlaksana secara optimal dan meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan”.

Dalam pelaksanaaan upacara 17 an tersebut juga tetap memperhatikan serta menyesuaikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dengan Adaptasi Kebiasaan Baru di masa pandemi covid-19, diantaranya penggunaan masker ditempat-tempat umum/kerumunan serta jaga jarak antar personel.

 

Hadir dalam kegiatan : Asintel, Asops, Aspotmar, Dansatrol Lantamal VII, para Kasatker Lantamal VII, Danyonmarhanlan VII, Prajurit dan PNS Mako Lantamal VII serta prajurit Yonmarhanlan VII

 

 

(0NE/PEN7)