ASOPS DANLANTAMAL VII IKUTI RAPAT PENDISIPLINAN PROTOKOL KESEHATAN COVID – 19  

Lantamal VII Kupang – Asisten Operasi Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Asops Danlantamal) VII Kolonel Laut (P) Philipus Sri Suharto, M. Tr. Hanla, mengikuti rapat rencana kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19, bertempat di Ruang Rapat Asisten Sekda Provinsi NTT, Kupang, NTT. Rabu (15/07/2020).

Asops Danlantamal VII mengikuti kegiatan rapat rencana kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 yang dibuka oleh Ibu Johanna E. Lisapaly mewakili Sekda Prov NTT. Kegiatan rapat diadakan untuk menindak lanjuti adanya Surat Edaran dari Mendagri tentang Kegiatan Pendisiplinan Protokol Kesehatan, dimana ditemukan masih banyak terjadinya kerumunan masyarakat dan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 belum berjalan maksimal. Masyarakat yang bergiat di luar tidak menggunakan masker dan tidak melaksanakan Physical Distancing.  Semua itu karena tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah dan pelaksanaan patroli yang tidak maksimal.

 

Dalam diskusi tersebut Asops Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Philipus Sri Suharto, M. Tr. Hanla, menyarankan, “penegakkan hukum belum berjalan maksimal sehingga perlu payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) yang bisa memberikan tindakan efek jera kepada masyarakat dan organisasi serta kewenangan antara Provinsi, Kabupaten dan Kota belum berjalan maksimal menjalankan fungsi dan tugasnya, oleh karena itu Gugus Tugas Kabupaten dan Kota jadi garda terdepan dalam kegiatan pendisiplinan apabila ada kendala Gugus Tugas Provinsi aksi perbantuan”.

Terpisah, Kadis Kesehatan NTT mengatakan, “Tim Gugus Tugas tisak boleh kendor terutama bidang Pintu Masuk sebab adanya penambahan pasien positif Covid-19 di kawasan industri Bolok dan mahasiswa yang berasal dari Luar dan masuk ke NTT serta di Bundaran PU perlu ada Posko karena banyak pemuda-pemudi berkumpul tanpa memakai masker”.

 

Dalam kesempatan itu, Perwakilan Polda NTT menjelaskan bahwa sesuai Instruksi Kapolri tidak ada pembubaran paksa terhadap kerumunan masyarakat akan tetapi hanya himbauan untuk jaga jarak dalam menghadapi pendisiplinan Protokol Kesehatan.

 

Pejabat yang hadir : Asosp Danlantamal VII, Kasiter Korem 161/WS, Perwira Ops Polda, Perwira Lanud El Tari, Kasatpol PP Prov. NTT, Kadishub NTT, Kadiskes Prov NTT, Ka BPBD Prov NTT, Ka Kesbangpol NTT, Biro Hukum NTT dan Biro Pemerintahan NTT.

 

 

(0NE/PEN7)