135 Bintara Remaja, Siap OJT Di Koarmada II

TNI AL. Koarmada II, 15 Juli 2020

 

Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Koarmada II Letkol Laut (P) Herbiyantoko, menerima 135 orang Bintara Remaja Angkatan Ke-39 Gelombang 2 Tahun 2020 yang baru selesai menempuh pendidikan dasar kejuruan di Kodiklatal. Acara penerimaan berlangsung di Gedung Denma, Rabu (15/7).

 

Para Bintara Remaja atau biasa disebut Baja tersebut, terdiri dari 101 Bintara remaja putra dan 34 Bintara Remaja Kowal (Korps Wanita Angkatan Laut). Nantinya mereka akan ditempa di Denma Koarmada II dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan, untuk melaksanakan On The Job Trainning (OJT) yakni pemantapan wawasan dan ilmu tentang kedinasan TNI AL di satuan kerja yang sesungguhnya.

 

“Penerimaan Bintara Remaja untuk OJT ini merupakan hal rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, dan bertujuan agar mereka bisa belajar untuk berpikir dan bertindak cerdas karena bintara adalah tulang punggung kesatuan“ ujar Herbiyantoko usai kegiatan.

 

Ia juga menambahkan bahwa sesuai dengan himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, untuk mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional dan berkualitas, juga beretika dan bermoral maka perlu adanya pembekalan sebelum para prajurit muda tersebut terjun langsung dalam kedinasan. Karenanya bagi prajurit yang lebih senior dan telah lama bertugas di Koarmada II wajib memberikan contoh dan membimbing para Baja saat melaksanakan OJT.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Koarmada II Kolonel Laut (K) dr. I Ketut Tirka Nandaka menyampaikan arahannya tentang bahaya Virus Covid-19 yang menjadi pandemi diseluruh dunia saat ini termasuk Indonesia. Untuk itu kepada seluruh bintara remaja ditekankan agar selalu mematuhi protokol kesehatan, yang merupakan perintah lisan Pangkoarmada II untuk dilaksanakan oleh seluruh prajurit demi memutus rantai penularan Covid-19 yang semakin masif menyerang warga.

 

 (Ndr/Pen2)