PASOPS LANAL NUNUKAN HADIRI PEMUSNAHAN BARANG BUKTI

TARAKAN – Perwira Staf Operasi (Pasops) Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan Kapten Laut (P) Abdul Khalik DG Mappalewa menghadiri pelaksanaan pemusnahan barang bukti dari berbagai perkara kejahatan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Nunukan yang berlangsung didepan Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Nunukan, Jl. Ujang Dewa Sedadap, Kecatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (13/07/20).

Adapun beberapa barang bukti yang dimusnahkan diantaranya, Senjata Api dan Senjata Tajam, Narkotika, Handphone dan berbagai macam barang Rombengan. Dalam pelaksanaanya pemusnahan barang bukti Narkoba dilakukan dengan cara dilarutkan kedalam air, barang bukti Senpi dan Sajam dengan cara dipotong-potong, barang bukti Handphone dengan cara dihancurkan menggunakan linggis sedangkan barang bukti berbagai dari berbagai macam Rombengan dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kegiatan pemusnahan barang bukti yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya kewaspadaan dalam menjaga dan menyimpan barang bukti, guna menghindari adanya penyalagunaan barang bukti atau hilang/rusak dan pemusnahan barang bukti ini sudah melalui putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap terhadap barang bukti yang dinyatakan dirampas untuk dimusnahkan.

Acara pemusnahan barang bukti tersebut juga dihadiri dan disaksikan oleh Sekda Kabupaten Nunukan Bapak Serfianus, S.I.P., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Nunukan Bapak Yudi Prihastoro, S.H., M.H., Kepala Pengadilan Negeri Nunukan Bapak Candra Nurendra A, S.H., KN, M.Hum, Kepala Bea Cukai Nunukan Bapak Solafudin, Wakapolres Nunukan Kompol Imam Muhadi, Pwk BNNK Nunukan Bapak Aga, Insan Pers beserta tamu undangan lainnya.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.