DANPOSAL SELAT ALAS HADIRI KEGIATAN PENYULUHAN KESELAMATAN PELAYARAN TAHUN 2020

Lanal Mataram – Komandan Pos TNI AL (Danposal) Selat Alas Letda Laut (P) Marjun Susanto menghadiri Kegiatan Penyuluhan Keselamatan Pelayaran Tahun Anggaran 2020 oleh Tim Penyuluh Keselamatan Pelayaran dari Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Timur, bertempat di Kantor Ds. Sugian, Kec. Sambelia, Kab. Lombok Timur, NTB. Senin, (13/07/2020).

 

Dalam kegiatan Penyuluhan Keselamatan Pelayaran Tahun Anggaran 2020 bagi masyarakat nelayan Desa Sugian oleh Tim Penyuluh Keselamatan Pelayaran dari Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Timur. Komandan Pos TNI AL (Danposal) Selat Alas Letda Laut (P) Marjun Susanto dalam sebuah kesempatan mengatakan, “menjaga keselamatan diri sendiri dalam berakhtifitas di laut adalah sangat penting, agar apabila terjadi hal-hal yang membahayakan keselamatan dalam mencari ikan dapat dihindari”.

Selain itu Danposal Selat Alas juga menekankan kepada masyarakat agar menjaga kelestarian alam laut,  tidak mencari ikan dengan bahan peledak/bom ikan, karena melanggar Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tentang perikanan Pasal 84 ayat 1 Jo Pasal 8 ayat 1 jo Pasal 85 jo Pasal 9 UU nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan dan Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP ancaman hukuman 6 tahun dan denda 1 Miliar. Serta selalu koordinasi yang baik antara masyarakat nelayan dengan aparat keamanan di laut yaitu Posal Selat Alas demi terjaganya kelestarian di laut.

 

Terpisah UPP Syahbandar Pelabuhan Umum Lombok Bapak Haeruman menyampaikan, “Pengurusan surat kapal dibawah 7 GT adalah gratis, akan dibantu dan difasilitasi apabila masyarakat akan mengurus surat-surat kelengkapan kapalnya”.

 

Acara di akhiri dengan pemberian baju pelampung kepada masyarakat nelayan secara simbolis.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Keselamatan Pelayaran Dinas Hubla Kab. Lombok Timur Bapak Tarta, Kasi Keselamatan Pelayaran Dinas Hubla Kab. Lombok Timur Ibu Herlina, Kepala UPP Syahbandar Pelabuhan Umum Lombok diwakili Bapak Haeruman, Danposal Selat Alas Letda Laut (P) Marjun Susanto, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Nelayan Desa Sugian dan Warga Nelayan Desa Sugian.

 

 

I2N/PEN7