TES UJI MENTAL DAN IDEOLOGI, TOLAK UKUR NASIONALISME CALON TARUNA/I AKADEMI TNI AL (AAL)

  

Lantamal VII Kupang – Panitia Daerah (Panda) Kupang menggelar tes mental ideologi yang diikuti sebanyak 10 orang peserta seleksi calon Taruna/i Akademi TNI AL (AAL) TA. 2020, bertempat di Ruang Serba Guna  Mako Lantamal VII, Jl. Raya El Nusa, Bolok, Kupang, NTT. Kamis (09/07/2020).

Setelah melalui berbagai tahapan pemeriksaan dan seleksi yang sangat ketat dan objektif serta transparan yang meliputi aspek administrasi, kesehatan, psikologi dan berlanjut dengan tes mental ideologi. Dimana tersisa 10 orang peserta seleksi calon Taruna/i Akademi TNI AL (AAL) TA. 2020 yang mengikuti tes mental ideologi tertulis dan wawancara hari ini.

Para peserta mengikuti tes mental ideologi tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara mental ideologi, dimana materi wawancara berupa tanya jawab apa yang sudah di tuliskan saat tes wawancara tertulis. Hal ini dilakukan untuk memperdalam jawaban tertulis satu per satu dari aspek pemahaman dan pandangannya terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan sebagainya. Selain itu, untuk menyaring para peserta yang memenuhi kualitas seorang prajurit baik dari segi fisik, mental maupun rohani.

Bagi peserta seleksi calon Taruna/i AAL Tahun 2020 yang lulus Tes Mental Ideologi (MI) akan mengikuti seleksi selanjutnya yaitu pemeriksaan kesamaptaan jasmani, pemeriksaan administrasi dan penentuan akhir. Para casis yang lulus pada setiap tahap seleksi di daerah, selanjutnya akan dikirim untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Lapetal Malang.

Asintel Danlantamal VII Kolonel Laut (S) Widi Hartono dalam sebuah kesempatan mengatakan, “Tes tertulis dan wawancara mental ideologi hari ini merupakan tolak ukur rasa nasionalisme calon-calon prajurit TNI AL khususnya Calon Taruna/i AAL”.

Hadir dalam kegiatan : Asintel Danlantamal VII, Aspers Danlantamal VII, Kadisminpers Danlantamal VII, Paban Dalpers Spers Lantamal VII, Tim Mental Ideologi Lantamal VII dan Tim Werving Panda Kupang.

 

(APT/PEN7)