KADISPEN LANTAMAL VII IKUTI VICON SOSIALISASI PERPANG PEMBERIAN KETERANGAN PERS

Lantamal VII Kupang – Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL (Kadispen Lantamal) VII Letkol Laut (P) Letkol Laut (P) M. Junaidi, S.E, M. Tr. Hanla, M.M, mengikuti kegiatan video conference (vicon) dengan Wakil Kepala Pusat Penerangan (Wakapuspen) TNI Laksamana Pertama TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han), bertempat di Ruang Vicon Puskodal, Markas Komando (Mako) Lantamal VII, Jl. Raya El Nusa, Bolok, Kupang, NTT. Rabu, (08/07/2020).

 

Kegiatan video conference tersebut bertujuan memberikan sosialisasi kepada jajaran Dinas penerangan TNI AL yang diikuti oleh Kadispen/Kabagpen satuan TNI AL diseluruh wilayah Indonesia, tentang Peraturan Panglima TNI No. 20 Tahun 2020 bagaimana pejabat TNI dalam memberikan keterangan pers di media.

 

Pada sosialisasi tersebut Wakapuspen TNI Laksamana Pertama TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han), menjelaskan ”dalam pemberian keterangan pers yang dilakukan oleh setiap pejabat TNI harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku; dalam memberikan keterangan pers sesuai dengan tugas, fungsi dan wewenang serta tanggung jawab; dalam memberikan keterangan selalu berpedoman kepada kebijakan Panglima TNI dengan tetap memperhatikan derajat klasifikasinya (konfidensial , rahasia, sangat rahasia) serta dalam memberikan keterangan pers seluruhnya digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan TNI .”

Wakapuspen TNI juga menambahkan, “tentang keterangan pers berkaitan dengan TNI yang mempunyai dampak kerawanan terhadap pertahanan negara dan keamanan nasional secara luas, hanya dapat diberikan oleh Panglima atau Pejabat TNI yang ditunjuk oleh Panglima. Bagi personel perorangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 hanya dapat memberikan informasi yang terkait dengan dirinya, pengetahuan teknis, pengalaman bersifat umum dan tidak terkait kebijakan pimpinan. Pasal 8, Personel Perorangan, yang dimaksud adalah Personel TNI yang memiliki prestasi, keahlian, keunikan dan pengalaman yang dijadikan narasumber terkait  dengan TNI maupun di luar tugas TNI, dinilai menarik dan memiliki dampak positif terhadap citra positif TNI. Pasal ini dikhususkan bagi anggota prajurit TNI yang hanya bersifat perorangan bukan atas nama suatu institusi TNI dan layak untuk dipublikasikan di media massa sehingga akan dapat membangun citra positif TNI di masyarakat dan dapat menjadi contoh untuk prajurit yang lain.

 

Hadir dalam vicon Wakapuspen TNI, Kadispenal, Kadispen/kabagpen seluruh satuan di jajaran TNI AL.

 

I2N/PEN7