PRAJURIT LANTAMAL XIII TINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN

TARAKAN – Dalam rangka mengantisipasi terhadap terjadinya bahaya kebakaran di lingkungan kerja, Prajurit Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan melaksanakan latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam Penanggulangan bakaya Kebakaran (PEK) yang berlangsung di Markas Komando (Mako) Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (06/07/20).

Latihan yang dipimpin oleh Lettu Laut (T) Tego Subekti dan didampingi oleh Letda Laut (T) Heri Prasetyo serta diikuti oleh para prajurit Lantamal XIII tersebut, diawali dengan pemberian materi teori secara teknis, pengenalan dan penggunaan alat PMK yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi praktek kering terkait teknik pemadaman api secara benar dan efektif saat terjadi kebakaran.

Dalam penjelasannya, Lettu Laut (T) Tego Subekti menekankan kepada seluruh peserta latihan bahwa, “agar dalam menghadapi kebakaran tidak perlu panik dan yang pertama dilakukan adalah melakukan penyelidikan tempat kejadian kebakaran serta mengenali jenis kebakarannya. Setelah diketahui jenis kebakarannya selanjutnya perlu diketahui juga arah angin untuk menentukan posisi pemadaman dan langkah terakhir, laksanakan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam yang sesuai dengan jenis kebakarannya”.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.