DANLANAL CILACAP HADIRI, PAPARAN WILAYAH KERJA DISTRIK NAVIGASI III CILACAP

Lantamal V, (3/7),—

Bertempat di Ruang Rapat Pangkalan TNI Angakatan Laut (Lanal) Yogyakarta, Danlanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, P.S.C.,M.S., menghadiri Paparan Wilayah Kerja Distrik Navigasi III Cilacap. Jum’at (3/7).

 

Tujuan kegiatan ini antara lain untuk mengetahui wilayah kerja Distrik Navigasi III Cilacap yang sangat luas, dan memahami fungsi distrik navigasi sesuai dengan tupoksinya.

 

Dalam sambutannya Kepala Distrik Navigasi III cilacap, Ibu Henda Vini Kartomo SE.M.Kom., menjelaskan bahwa fungsi  Distrik Navigasi adalah Perencanaan Pengadaan dan pengoperasian terhadap sarana bantu navigasi pelayaran telekomunikasi pelayaran juga pemantauan alur dan perlintasan.

 

“Distrik Navigasi Cilacap  mempunyai sarana bantu navigasi pelayaran yang terbagi menjadi tiga yaitu menara suar kemudian pelampung suar serta rambu suar,    menara suar, Distrik Navigasi  Cilacap mempunyai 8 titik dan yang sangat legend itu adalah menara suar cimiring karena berada di pulau Nusakambangan” jelasnya

 

Dalam kesempatannya Danlanal Cilacap menyampaikan harapannya kepada Distrik Navigasi III Cilacap dapat menunjukan informasi tentang Pelabuhan, Alur Pelayaran, dan Alat bantu Navigasinya sehingga teman – teman dari Lanal bisa memanfaatkan informasi itu untuk lebih membina masyarakat pesisir.

 

“Diharapkan informasi tersebut bisa membantu nelayan, agar dapat memberikan informasi  awal terkait kegiatan kapal-kapal yang bukan dari wilayahnya di sektor masing-masing, sekaligus menjadi mata dan telinga kita” ungkap Danlanal.