PERCEPAT MASA PANEN, POSAL MBAY BUAT TEMPAT PENGKRISTALAN GARAM DENGAN GEOMEMBRAN

Lanal Maumere – Prajurit Pos TNI AL (Posal) Mbay bersama pemuda Bahari melaksanakan pembuatan tempat pengkristalan garam menggunakan Geomembrane, dilahan Posal Mbay, Desa Maropokot, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, NTT. Senin (29/06/2020).

Dalam rangka mendukung ketahanan pangan dimasa tatanan kehidupan baru agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19, Prajurit Posal Mbay bersama pemuda Bahari melaksanakan pembuatan tempat pengkristalan garam dengan menggunakan Geomembran yang merupakan salah satu inovasi yang saat ini mulai digunakan oleh para petambak garam. Pemilihan geomembrane dengan ketebalan 0,5 mm sebagai alas tambak garam dinilai cocok untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas garam.

Danposal Mbay Pelda AMO Suntoko dalam sebuah kesempatan mengatakan, “Penggunaan geomembrane sebagai alas tambak garam untuk mempercepat kristalisasi air laut sehingga panen dapat dilakukan lebih cepat karena geomembran berwarna hitam sangat mudah dalam menyerap panas”.

“Program pembuatan tambak garam ini juga untuk membantu masyarakat sekitar Posal Mbay dalam rangka ketahanan pangan di masa pandemi covid-19”, ujar Danposal Mbay.

/ Dispen Lantamal VII