DANPOSAL ENDE MENDAMPINGI KUNKER GUBERNUR NTT DI KABUPATEN ENDE

Lanal Maumere –  Komandan Pos TNI AL (Danposal) Ende Serma Kom Emanuel Soter menyambut sekaligus mendampingi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H., M.Kn., beserta rombongan dalam rangka melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Ende, bertempat di Kantor Camat Nangapanda, Desa Ndorurea, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, NTT. Minggu (29/06/20).

Komandan Pos TNI AL (Danposal) Ende serma Kom Emanuel Soter mendampingi kegiatan Kunker Gubernur NTT beserta rombongan di Wilayah Kabupaten Ende dan peninjauan lokasi penggemukan sapi serta lahan pakan ternak di Desa Ndorurea.

Selaku pelaksana pengelola lahan ternak RD. Domi Wawo, Imam Keuskupan Agung Ende dalam sambutannya menyampaikan, dalam berinovasi dibutuhkan Empat pilar yakni : Kerjasama dalam arti membangun kemauan dan kehendak bersama, Government, Komunitas, Bisnismen dan Akademisi. Kelembagaan dan Pemberdayaan usaha tani untuk tujuan 2025 Indonesia lumbung pangan Dunia. Peran perguruan tinggi harus maksimal dalam mberikan edukasi pengembangan Iptek.

“Dampak inovasi dari kegiatan ini, plus 75% untuk masyarakat dan minusnya 25% maka jangan tidur. Saat ini pengembang membutuhkan sumur bor, mesin cincang pakan dan traktor untuk kelancaran penggemukan”, ujar RD. Domi Wawo.

Terpisah Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H., M.Kn., dalam sambutannya mengatakan, “Peternakan adalah sebagai salah satu kekuatan untuk NTT dengan target kita stop import dengan daging yang kita hasilkan adalah daging yang lembut. Sapi vetening adalah sapi yang disiapkan untuk dimakan agar menghasilkan daging yang enak. Mimpi kita dapat menghasilkan sapi dengan harga mahal, terimakasih untuk Bupati dan pihak Gereja yang telah memulai ini”.

“Data semua lahan yang tidak terpakai melalui paroki untuk ditata dan design dengan baik. Kita harus melakukan back up pertumbuhan ekonomi karena tujuan pembangunan adalah pertumbuhan ekonomi dan kedepannya menjadikan Kabupaten Ende yang hebat, “Tegas Gubernur NTT.

Acara Kunjungan kerja Gubernur NTT beserta rombongan diakhiri dengan meninjau lokasi penggemukan sapi dan lahan pakan ternak.

Kegiatan dihadiri : Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, M.M, Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso, S.Sos, Kapolres Ende AKBP Andhika Bayu Aditama S.I.K, Danton Brimob Kompi B Pelopor Ipda Orlando, Para Pimpinan OPD Lingkup Setda Ende, Para Camat Wilayah Kabupaten Ende, Kapolsek Nangapanda Ipda Rio Sukmayoni, Danposal Ende Serma Kom Emanuel Soter dan Masyarakat Kecamatan Nangapanda.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.