DANPOSAL SEBA HADIRI REMBUK DAN SOSIALISASI PERBUP PERCEPATAN DAN PENCEGAHAN STUNTING KAB. SABU RAIJUA TAHUN 2020

Lanal Pulau Rote – Komandan Pos TNI AL (Danposal) Seba Letda Laut (P) Siswanto menghadiri kegiatan rembuk Stunting dan sosialisasi Peraturan Bupati tentang percepatan dan pencegahan stunting di Kab. Sabu Raijua Tahun 2020, bertempat di Gereja Jeruel Seba Kota, Kab. Sabu Raijua, NTT. Kamis (25/06/2020).

Stunting adalah suatu kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Jumlah kasus stunting di Kab Sabu Raijua yaitu 2.666 kasus stunting yang tersebar di 6 Kecamatan, 56 Desa dan 5 Kelurahan.

Komandan Pos TNI AL (Danposal) Seba Letda Laut (P) Siswanto mengikuti acara rembuk stunting yang dibuka langsung oleh Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus Nithanel Thanel Rihiheke, M.Si., dengan jumlah peserta rapat ± 90 orang yang pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang di tetapkan pemerintah yaitu mencuci tangan sebelum kegiatan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Dalam sambutannya saat membuka acara rembuk stunting, Bupati Sabu Drs. Nikodemus Nithanel Thanel Rihiheke, M.Si., mengatakan, “Kegiatan percepatan pencegahan stunting dilaksanakan dimulai saat seorang ibu akan mempersiapkan kehamilan, di saat ibu sedang hamil dan saat ibu sudah melahirkan. Dimana 1000 hari setelah bayi di lahirkan, bayi berhak untuk mendapatkan ASI eksklusif dan sang ibu tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi”.

Rapat di hadiri oleh : Bupati Sabu Raijua, Ka Bapeda Sabu Raijua, Assisten 1 Bupati, Assisten 2 Bupati, Danramil 1627-04, Danposal Seba, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sabu Raijua, Tokoh Agama, Camat Sabu Barat, Camat Sabu Timur, Para Kepala Desa Lokus Stunting dan Para Kepala Puskesmas se Kabupaten Sabu Raijua.

 

/ Dispen Lantamal VII