KOMANDAN LANAL NUNUKAN BANTU PEMERINTAH DAERAH AMANKAN KEDATANGAN MIGRAN INDONESIA

TARAKAN – Berdasarkan surat pengantar dari Konsulat Republik Indonesia Tawau Malaysia dengan nomor : 536/Kons/VI/ 2020 dan merujuk surat dari Imigrasi Malaysia nomor : IM. 101/S-TWU/E/US/1130-6/2020 (10) tertanggal 23 Juni 2020, pada pukul 16.30 Wita Komandan Pangkalan TNI (Lanal) Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo, SE., M.Tr.Hanla mengutus prajuritnya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam rangka mengamankan Deportasi Pekerja Migran asal Indonesia yang datang dari Malaysia di Dermaga Resmi Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, Provovinsi Kalimantan Utara, Rabu (24/06/20).

Kedatangan para pekerja migran asal Indonesia tersebut disambut oleh para petugas keamanan yang kemudian diarahkan agar menuju kepada tim kesehatan untuk dilaksanakan pemeriksaan kesehatan sesuai prosedur protokol kesehatan sebagai upaya penanggulanan terhadap penyebaran Covid-19. Adapun deportasi yang tiba hari ini yakni menggunakan Kapal MV. Mid East Express dengan jumlah migran 134 orang, terdiri dari 117 orang laki-laki dewasa, 14 orang perempuan dewasa, 2 orang anak laki-laki dan 1 orang anak perempuan, dengan petugas pendamping dari Konsulat RI Tawau atas nama Abdi Darwis.

Turut terlibat dalam pelaksanaan pengamanan tersebut antara lain, personel Kodim Nunukan, personel Polres Nunukan, personel Satpol PP Nunukan, Tim Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Nunukan dan personel BP3TKI kabupaten Nunukan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.