SATROL LANTAMAL XIII AMANKAN KOSMETIK ILLEGAL DARI KM. SINAR MULYA 06

TARAKAN – KAL Bunyu sebagai unsur patroli dibawah kendali Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) pada pukul 16.00 Wita mendeteksi secara Visual KM. Sinar Mulya 06 yang melintas di Perairan Sungai Pamusian dari arah selatan ke utara menuju Pelabuhan Jembatan Besi. Mencermati olah gerak KM. Sinar Mulya 06 yang mencurigakan, Pjs. Komandan Kal Bunyu Lettu Laut (P) Erwin Sidarta memerintahkan Tim Pemeriksa untuk melaksanakan pengejaran dan penyelidikan terhadap KM. Mulya 06 menggunakan skoci, Minggu (21/06/20).

Dari hasil pemeriksaan tersebut diketahui bahwa KM. Sinar Mulya 06 membawa muatan Pisang Kepok 10 ton, kelapa 15 ton dan barang paketan berjumlah 44 koli bersegel JNE. Pada saat proses pemeriksaan, Tim Pemeriksa mencurigai muatan 44 koli bersegel JNE yang ada diatas kapal dan selanjutnya diadakan pemeriksaan, setelah diteliti bahwa didalam koli tersebut ditemukan kosmetik tanpa label BPOM , kemudian Pjs. Komandan Kal Bunyu melaporkan hasil pemeriksaan tersebut kepada Komandan Satrol Lantamal XIII Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo dan Perwira Staf Operasi (Pasops) Satrol Lantamal XIII Letkol Laut (P) Surya Ari Muryanto. Tidak lama kemudian, Pasops Satrol memerintahkan agar Nakhoda, dokumen dan 1 koli berisi kosmetik diamankan di Mako Satrol untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dari hasil koordinasi dengan Bea Cukai Tarakan, barang paketan tersebut dilakukan X Ray di Pelabuhan penumpang Malundung dan disimpulkan bahwa dari 44 koli yang ada, 30 koli berisi kosmetik illegal tidak dilengkapi label BPOM diamankan petugas untuk pemeriksaan lebih lanjut dan 14 koli lainnya berisi barang lokal yang selanjutnya di Bawa oleh Pihak JNE.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.