Dukung Konservasi Sumber Daya Laut, Danlantamal XIII Bersama BKIPM Tebar Benih Kepiting

TNI AL, Koarmada II, Surabaya 20 Juni 2020

 

Konsisten mendukung konservasi sumber daya laut,  Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto ikut berpartisipasi dalam acara penebaran benih kepiting Bakau (Scylla serrata sp)  di kawasan konservasi mangrove Boom Panjang , Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan pada Kamis (18/06/20).

 

Kegiatan yang digagas oleh Balai Karantina Ikan Dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Tarakan ini, bekerja sama dengan Koperasi Produsen Nelayan  Kaltara untuk restocking benih kepiting dalam program Bulan Mutu Karantina Tahun 2020.

 

“Menjaga konservasi sumber daya laut merupakan bagian dari tugas Lantamal XIII seperti yang ditekankan oleh Panglima Koarmada II Laksda Heru Kusmanto, terkait upaya pembinaan potensi maritim di masing-masing wilayah kerja Lantamal, sekaligus sebagai bagian dari fungsi pemberdayaan wilayah pertahanan laut  (Dawilhanla) Koarmada II, “ kata Haris Bima, sapaan karibnya.

 

Ia menambahkan jika kegiatan ini juga untuk membantu menambah pendapatan masyarakat nelayan. Dan dengan restocking diharapkan dapat mencegah terjadinya kelangkaan kepiting bakau nantinya.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Aspotmar dan Dispotmar Lantamal XIII, Kepala BKIPM Tarakan Bapak Umar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tarakan Bapak Hariyanto, Ketua HNSI Bapak H. Nurhasan, Ketua Koperasi Produsen Nelayan  Kaltara Bapak H. Edi Purwanto dan Ditjen PSDKP.

 

(Sgt/Pen2)