Sintel Lantamal VI adakan LDD Intelijen TA. 2020

Makassar, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) melalui Staf Intelijen (Sintel) Lantamal VI mengadakan Latihan Dalam Dinas (LDD) Pengenalan Dasar Intelijen bertempat di Gedung PP. Jaladri Mako Lantamal VI, Kamis (18/06/2020).

LDD Intelijen yang berlangsung selama 1 hari ini diikuti oleh Personel Pengawak Kapal Angkatan Laut (KAL), Patroli Keamanan Laut (Patkamla), Pos TNI AL (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat) wilayah kerja Lantamal VI Makassar.

Asisten Intelijen (Asintel) Danlantamal VI Kolonel Laut (E) Sadikin Rijali dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa LDD Intelijen ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran, tugas dan fungsi serta meningkatkan kinerja Personel Pengawak Kapal Angkatan Laut (KAL), Patroli Keamanan Laut (Patkamla), Pos TNI AL (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat) wilayah kerja Lantamal VI Makassar sebagai Pengintai dini dan pengumpul data intelijen maritim, sehingga dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan tugas di lapangan.

“Menjaga keamanan, penegakkan hukum, serta menciptakan kedaulatan negara di laut tidak terlepas dari fungsi Intelijen, oleh karena itu para personel harus aktif mengumpulkan informasi khususnya di wilayah kerja Lantamal VI Makassar”, ujarnya.

Selain itu juga, Asintel Danlantamal VI juga mengharapkan para peserta personel LDD ini nantinya dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmun pengetahuan serta teknologi informasi yang modern seiring dengan perkembangan jaman. “Banyak kemajuan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan guna mendukung serta memaksimalkan fungsi intelijen di lapangan”, tambahnya.

Kemudian, LDD tersebut dilanjutkan dengan Materi Penerangan oleh Kadispen Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo diteruskan dengan Pengenalan Dasar Intelijen oleh Pabanlid Sintel Lantamal VI Letkol Laut (P) C. Yudo P., A.Md, M. Tr.Hanla., M.M.