DANPOSAL ATAPUPU MONITORING KUNKER MENKO POLHUKAM & MENDAGRI DI PLBN MOTAAIN  

Lantamal VII Kupang – Komandan Pos TNI AL (Danposal ) Atapupu Letda laut (S) Arif Lambuto, T, S.H., mengikuti kegiatan kunjungan kerja Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian beserta rombongan dalam rangka membahas Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Perbatasan Pos Lintas Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Kab. Belu, Kab. Belu, NTT. Kamis (18/06/2020).

Setibanya di Pos Lintas Batas Negara Motaain Menko Polhukam dan Mendagri beserta  rombongan langsung disambut oleh Kepala Administrator PLBN Motaain Bpk. Engelbertus Klau, S.IP,.M.Si. yang ditandai dengan pengalungan tais. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman anakan pohon Tanjung di Wisma Indonesia PLBN Motaain.

Dalam acara tatap muka dengan Wakil Gubernur NTT, Bupati Belu, Para Kepala Dinas Pemda Belu, Kepala BNPP motaain dan  Pimpinan CIQ PLBN Motaain di Aula Pertemuan Gedung Utama PLBN Motaain, Mendagri selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyampaiakan bahwa, “Pembangun Pos Lintas Batas Negara yang mana sebagai etalase suatu negara harus lebih maju karena dengan adanya pembangunan di perbatasan kita ingin memperlihatkan bahwa kita tidak kalah dengan negara tetangga”.

“Presiden Joko Widodo ingin agar PLBN tidak hanya digunakan untuk mengecek perlintasan orang dan barang, tapi juga menjadi etalase serta sentra industri. Selain itu Presiden Jokowi juga ingin mengembangkan zona pendukung PLBN Motaain menjadi kawasan ekonomi kedua setelah ibu kota Prov. NTT yaitu Kupang,” lanjut Mendagri Tito Karnavian

Menko Polhukam di sela-sela acara tersebut menambahkan, “Bahwa wilayah perbatasan merupakan beranda negara sehingga perlu dijaga dan dipelihara dengan baik. Oleh karena itu di PLBN Motaain telah dibangun sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan di perbatasan. Hal ini selaras dengan Kebijakan Presiden untuk membangun daerah perbatasan makanya dibentuklah BNPP sebagai pengelola perbatasan.”

 

/ Dispen Lantamal VII