KESIAPAN PENANGANAN OUTBREAK COVID-19, RUMKITAL SAMUEL J. MOEDA LAKSANAKAN LATFUNGKES

Lantamal VII – Sebagai salah satu unsur pendukung di bidang kesehatan di wilayah Lantamal VII, Rumkital Samuel J. Moeda laksanakan latihan perorangan dalam meningkatkan profesionalisme personelnya seiring dengan mewabahnya infeksi Covid-19, bertempat di Ruang Urikkes, Rumkital Samuel J. Moeda, Jl. Yos Sudarso No.05, Kota Kupang. Senin (15/06/2020).

Ws. Karumkit RSAL Samuel J. Moeda Mayor Laut (K) dr. M. Ibrahim Sp. THT-KL selaku Penilai Latihan menyampaikan bahwa pelaksanaan Latfungkes ini bertujuan agar semua personel medis Rumkital Samuel J. Moeda dapat mengerti deteksi dini dan penanganan lebih lanjut kepada pasien yang dicurigai terjangkit virus Covid-19.

  

Lebih lanjut dr. M. Ibrahim Sp. THT-KL menambahkan jika Latfungkes terkait Penangan Outbreak Covid-19 ini penting dilaksanakan sebab Rumkital Samuel J. Moeda sebagai unsur pendukung Lantamal VII dibidang Kesehatan. Oleh karena itu keberadaan Rumkital dari waktu ke waktu semakin dituntut untuk memberikan pelayanan prima kepada anggota TNI AL, keluarga, dan masyarakat umum di tengah kondisi Pandemi Covid-19.

Di sela-sela pelaksanaan latihan, Kabagkesla Rumkital Samuel J. Moeda Mayor Laut (K/W) Yanik Tri Lestari, S.K.M., M.Kes selaku Palaklat menyampaikan bahwa latihan akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan, dengan menggunakan metode latihan berupa Pembekalan teori dan praktek.

Sementara untuk materi awal para peserta dibawah bimbingan Lettu Laut (K/W) dr. Ida Bagus Ketut Wisnu,  SOP Penanganan Pasien Covid-19 dan dilanjutkan dengan Praktek Alur Evakuasi pasien suspect Covid-19 yang dirawat di Rumkital oleh Mayor Laut (K) dr. Ida Bagus Gede R., Sp. Rad.

/ Dispen Lantamal VII