Hitungan Detik Prajurit KAL Mamuju II-6-64 Berpangkat Serda Pengawak Meriam Sea Hawk Berhasil Tenggelamkan Sasaran Tembak

Makassar, Dalam hitungan detik Prajurit Kapal Angkatan Laut (KAL) Mamuju II.6-64 Lantamal VI berpangkat serda (Sersan Dua) pengawak meriam 30 mm Seahawk berhasil tenghelamkan sasaran tembak dari drum di selat Makassar, Rabu (17/06/2020).

Dalam latihan tempur yang dilaksanakan di Laut Selat Makassar, senjata canggih meriam 30 mm Seahawk milik KAL Mamuju II.6-64 tersebut berhasil menenggelamkan target sesuai rencana. Meriam yang harganya milyaran rupiah tersebut diawaki oleh prajurit TNI AL berpangkat Sersan Dua (Serda) Heru Priyatno

Pengawak Meriam 30 mm Seahawk Serda Heru Priyatno menjelaskan latihan tempur KAL Mamuju II.6-64 yang di gelar di laut selat Makassar ini dalam rangka uji coba penembakan dan meningkatkan profesionalisme operator meriam 30 mm Seahawk dalam melaksanakan tugas pokok sebagai pengamanan wilayah terbatas di wilayah Lantamal VI Makassar.

Lebih lanjut Serda Heru mengatakan proses penembakan diawali dengan perintah dari Komandan KAL Mamuju II.6-64 untuk menyiapkan Meriam 30 mm Seahawk dan melaksanakan pengisian amunisi.

“ Saya sebagai operator meriam 30 mm Seahawk diperintahkan oleh Komandan KAL Mamuju II.6-64 untuk menyiapkan dan pengisian amunisian serta melaksanakan penembakan di sasaran tembak dengan metode remote “ ujarnya.

Dengan cepat target sasaran dikunci dan langsung dilaksanakan penembakan, “ Alhamdulillah penembakan pertama, kedua dan ketiga langsung tepat pada sasaran sehingga sasaran drum yang disemulasikan sebagai kapal musuh langsung tengelam” lanjutnya.

“ Pada latihan tempur yang dilaksanakan di laut Selat Makassar tersebut, meriam 30 mm Seahawk milik Kapal Angkatan Laut (KAL) Mamuju II.6-64 Lantamal VI melaksanakan latihan menembak dengan jarak tembak diatas 700 yard dengan sasaran Drum yang mengapung diibaratkan kapal musuh .” , ujarnya

Meriam 30 mm Seahawk MSI -DS30m A1 tersebut merupakan buatan MSI-Defence System’ LTd Inggris Tahun 2018 sedangkan jarak tembak efektif 2000-3000 meter dan jarak tembak maksimal 12.000 meter, mampu menembak tepat sasaran di permukaan dan sasaran di udara, jelasnya.

“Saya merasa bangga menjadi operator meriam 30 mm Seahawk KAL Mamuju dalam pelaksanakan latihan menembak tadi , karena Meriam ini memiliki kemampuan yang sangan bagus, yaitu menghancurkan sasaran dengan tepat dan cepat” pungkasnya.