Antisipasi Personel Terpapar Covid-19, Lantamal VI Siapkan Tempat Untuk Isolasi

TNI AL.Koarmada II, 16 Juni 2020

 

Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI ) telah menyiapkan Mess Nala sebagai tempat isolasi  dan pendamping,  sebagai langkah antisipasi jika ada personel dan keluarganya yang positif terpapar Covid-19, Selasa, (16/06/2020).

Untuk kesiapan tersebut, menurut Kadisfaslan Letkol Laut (T) Deni Erwiyanto selaku Ketua Tim Karantina Pasien Covid-19 Lantamal VI,  pihaknya telah membenahi sarana dan prasarana yang terdapat di Mess Nala. “ Seperti fasilitas ibadah, hiburan dan olahraga, “ ujar Deni.

Deni melanjutkan, langkah preventif ini adalah implementasi dari instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto kepada seluruh satuan TNI AL di jajaran Koarmada II, yakni ikut berperan aktif membantu pemerintah daerah setempat dalam percepatan penanganan pandemi  Covid-19, maupun menanggulangi dampak yang timbul dari pandemi tersebut .

Sementara itu puluhan prajurit Lantamal VI yang akan menjadi pendamping pasien, mendapat pembekalan dari perwira Diskes dan Rumkital Jala Ammari mengenai pengetahuan umum Covid-19, tata tertib pendampingan terhadap pasien, kewaspadaan umum terhadap infeksi virus dan cara penggunaan APD.

“ Mereka akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) Level 3 untuk keamanan saat mendampingi pasien Corona, “ ujar Kadiskes Letkol Laut (K) Drg. Heri Herliana di sela kegiatan pembekalan.

Ikut hadir menyaksikan acara pembekalan yakni Wakil Komandan Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki , bersama para pejabat utama dan Palakhar Penanganan Covid-19 Lantamal VI Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo.

(Nov/Pen2)