BERSIH DAN SEHAT DALAM ADAPTASI KEHIDUPAN BARU PANDEMI COVID-19 BERSAMA PRAJURIT LANTAMAL V

Lantamal V, (16/6),—

Ada suatu Pola yang  unik yang diterapkan terkait dengan adaptasi Kebiasaan Baru karena dampak Covid-19 belakangan ini, dimana dalam setiap harinya seluruh prajurit Lantamal V saat pagi diharuskan mengenakan tenue olah raga serta melakukan kegiatan olah tubuh entah sekedar jalan sehat pagi, olah raga ringan, nggowes atau kegiatan korve pembersihan lingkungan kantor.

 

Seperti yang terlihat Hari  ini ratusan prajurit dan PNS  Lantamal V bersemangat mulai pukul 7.00 pagi s.d.  pukul 9.00 melakukan kegiatan korve  pembersihan di lingkungan eks ALSTORM  Daerah Basis Angkatan Laut (DBAL) Ujung Surabaya, Selasa (16/6).

 

Mengawali kegiatan  Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman Purba, S.E., yang mewakili Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP., menyampaikan perhatian kepada seluruh personel Lantamal V agar mengutamakan keselamatan dalam  bekerja dan perlu diktahui bahwa sampah-sampah disini beda dengan yang di Mako yang biasa kita lakukan korve, sampah disini bermuatan paku-paku, kawat, seng, pecahan kaca/beling dan lainnya serta tidak menutup kemungkinan masih banyaknya binatang-binatang berbahaya yang bisa membahayakan keselamatan kita seperti ular berbisa, kalajengking, kelabang, biyawak dan lainnya.

 

Perlu diketahui tambahnya bahwa kegiatan korve seperti ini banyak manfaatnya selain untuk kesiapan kebersihan dan kerapihan pangkalan sesuai tupoksi Lantamal V juga kegiatan ini dampaknya baik untuk membantu kesehatan dan  kebugaran tubuh setiap prajurit dengan mendapat asupan yang cukup pro Vitamin D3 dari sinar matahari pagi yang bermanfaat untuk menaikkan daya imunitas seseorang dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Tentunya dengan tetap   melakukan Protokol kesehatan, pungkasnya.

 

Pola strategis yang Sehat nan jitu ini diterapkan di Jajaran Lantamal V  dibawah komando Laksma TNI Tedjo Sukmono,S.H. CHRMP., sudah berlangsung cukup lama dan berhasil menekan index angka kesakitan  dan Infeksi dikarenakan Covid-19 menjadi minimal. ujar Kadiskes Lantamal V menambahkan.

 

Seperti dikutif dari perkataan Prof.dr.Madarina Julia. Sp.A. dosen FK UGM bahwa kebutuhan akan vitamin D3 setiap orang adalah 600 IU tiap Harinya. Dan ini bisa diperoleh dari berjemur di bawah sinar matahari pagi selama kurang lebih 10 s.d 15 menit saja akan mendapatkan pro Vitamin D3 yang akan diolah oleh tubuh menjadi Vitamin D3.

 

Proses imunitas tubuh seseorang sangat dipengaruhi oleh kadar vitamin D3 yang dimilikinya. Sehingga dalam masa pandemi Covid-19 saat ini pola baru kehidupan dalam silkus jam kerja  seperti yang diterapkan di Lantamal V merupakan hal yang sangat  positif dan produktif.