DANPOSMAT TANJUNG LUAR HADIRI ACARA PENYULUHAN KESELAMATAN PELAYARAN OLEH DISHUB LOMBOK TIMUR

Lanal Mataram – Komandan Pos Pengamat TNI AL (Danposmat) Tanjung Luar Peltu EDE Marzuki menghadiri acara undangan Penyuluhan Keselamatan Pelayaran yang di laksanakan oleh Dinas Perhubungan Kab. Lombok Timur Bidang Perhubungan Laut, di Desa Batunampar Selatan, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, NTB. Kamis (11/06/2020).

Bidang Perhubungan Laut Dishub Kabupaten Lombok Timur mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui Penyuluhan Keselamatan Pelayaran kepada masyarakat Desa Batunampar Selatan, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang keselamatan pelayaran yang diikuti oleh sebanyak 25 orang nelayan.

Kabidhubla Dishub Lotim Bapak Tartha dalam penyuluhan menyebutkan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan supaya masyarakat nelayan tradisonal khususnya di Desa Batunampar Selatan selalu menaati peraturan tentang keselamatan pelayaran dalam setiap kegiatan mencari dan menangkap ikan di laut dengan memakai alat keselataman diri/Life Jacket, memperhatikan perubahan cuaca demi keselamatan pelayaran.

Sedangkan Petugas Syahbandar Lombok Timur Bapak Syamsiah saat menyampaikan penyuluhan menjelaskan tentang surat-surat yang harus dimiliki oleh pemilik kapal dalam beraktifitas mencari ikan dilaut seperti Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Laik Operasi (SLO) yang dikeluarkam oleh Pengawas Perikanan Ditjen PSDKP di pelabuhan pangkalan dan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang dikeluarkan oleh Syahbandar Pelabuhan Perikanan.

Di sesi akhir penyuluhan Komandan Posmat Tanjung Luar Peltu EDE Marzuki menyampaikan masalah tindak pidana di Laut penyelundupan dan larangan menangkap ikan dengan Handak atau Potasium. Acara penyuluhan diakhiri dengan penyerahan Life Jaket/jaket keselamatan kepada Bapak Sekdes oleh Bapak Kabidhubla Lotim secara simbolik.

Hadir dalam acara tersebut : Kabidhubla Dishub Lotim Bapak Tartha beserta Staf, Petugas Syahbandar Lombok Timur Bapak Syamsiah, Komandan Posmat Tanjung Luar, Sekdes Desa Batunampar Bapak Suhardi dan Masyarakat Nelayan Desa Batunampar Selatan dan Sekitarnya sekitar 25 orang.

 

/ Dispen Lantamal VII