DANPOSAL ATAPUPU IKUTI RAPAT PROTOKOL UMUM PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI TEMPAT REKREASI KAB. BELU

 

Lantamal VII Kupang – Danposal Atapupu Letda Laut (S) Arif Lambuto T, S.H. mengikuti rapat tentang Protokol Umum Pencegahan Penularan Covid-19 di Taman Wisata/Tempat Rekreasi yang laksanakan oleh Dinas Pariwisata Kab. Belu, bertempat di Kantor Camat Kakuluk Mesak, Jl. Umarese Atapupu, Dusun Fukalaran RT 01 RW 0, Desa Fatuketi, Kec. Kakuluk Mesak, Kab. Belu, NTT. Kamis (11/06/2020).

Rapat yang dipimpin Kadis Pariwisata Kab. Belu Eddy Bere Mau membahas tentang Protokol Umum Pencegahan Penularan Covid-19 di Taman Wisata/Tempat Rekreasi sebagai langkah antisipasi terhadap pelaksanaan New Normal tanggal 15 Juni 2020 di wilayah NTT. Dengan tata kehidupan yang baru berdampingan dengan covid-19 atau New Normal nantinya diharapkan perekonomian mulai kembali berjalan terutama di sektor pariwisata, oleh karena itu di harapkan semua aparat baik TNI/Polri, ASN/Aparat desa dan juga pengelola wisata serta warga masyarakat mendukung dan mematuhi kebijakan pemerintah sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Kadis Pariwisata Kab. Belu Eddy Bere Mau dalam pengarahannya menginfokan tentang Kebijakan protokol umum pencegahan Penularan Covid-19 di Taman Wisata/Tempat Rekreasi yang wajib dilaksanakan antara lain : adanya fasilitas kesehatan untuk mengontrol pengunjung masuk ketempat wisata dengan pengecekan suhu tubuh mengunakan Thermo Gun; Himbauan Metode Pembayaran Eletronik mengunakan mesin EDC dan kerjasama Aplikasi; disinfeksi sanitasi dengan Handsanitizer, disinfektan, bak cuci tangan dan Sabun. Selain itu adanya preventif petugas dengan menjaga jarak memberi barier tanda batas, masker dan Face Shield serta penggunaan APD standar seperti Handsanitizer, penghalang dan sarung Tangan Latex.

Dalam sambutannya Camat Kakuluk Mesak Amandus Linci menyampaikan, “Dalam rangka pembukaan Pariwisata di Kec. Kakuluk Mesak agar mentaati Protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah dan Menyatukan pikiran dan persepsi yang sama dalam mengambil bagian dalam penbukaan Pariwisata, bagaimana Tempat Wisata dan berbagai hal wisata terjalan namun tetap mencegah terjadinya Covid-19”.

Dalam rapat tersebut Danramil Atapupu Kapten Czi Manuel Fernandes juga mengatakan, “Masih banyaknya pelanggaran Protokol Kesehatan oleh warga masyarakat karena kurangnya kesadaran dari masyarakat dalam menerapkan aturan protokol yang dikeluarkan pemerintah. Koramil tidak akan bosan-bosannya selalu menghimbau kepada warga masyarakat dan diharapkan masyarakat sadar akan bahaya Covid-19 bila nanti pariwisata telah di buka”.

Danposal Atapupu Letda Laut (S) Arif Lambuto T. SH dalam kesempatan terpisah menekankan, “Pentingnya sikap disiplin warga masyarakat di dalam mentaati protokol kesehatan dan Prajurit Posal Atapupu akan mendukung dan mengamankan kebijakan Pemerintah Daerah khususnya dengan pembukaan tempat pariwisata di Kecamatan Kakuluk Mesak dengan menegakkan aturan-aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah”.

Rapat tentang pembukaan tempat pariwisata tersebut merupakan salah satu langkah pemerintah untuk memajukan pendapatan dan upaya meningkatkan ekonomi masyarakat yang terpuruk dampak Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 yang diberlakukan pemerintah, karena disisi lain menjaga manusia dari penyakit dan di sisi lain juga menjaga/menyelamatkan ekonomi dan kehidupan kehidupan masyarakat supaya terus berjalan bersama antara mencegah penyakit dan mencari makan untuk kelanjutan kehidupan.

Hadir dalam kegiatan rapat tersebut : Kadis Pariwisata Kab. Belu. Bpk. Eddy Bere Mau, Camat Kakuluk Mesak. Bpk. Drs. Amandus Linci, Danramil Atapupu Kapten Czi Manuel Fernandes, Danposal Atapupu Letda Laut Arif Lambuto T. S.H., Kades Kenebibi, Kades Dua Laus, Kades Jenilu, Kades Fatuluku, Kades Kolam Susu, Kepala kesehatan Aniba, Para Staf Dinas Pariwisata Kab. Belu dan Staf Kecamatan dan Para pengelola tempat Wisata di Wilayah Kec. Kakuluk Mesak.

 

/ Dispen Lantamal VII