Lantamal V Peduli Covid-19 Gelar Donor Darah

Lantamal V, (10/6),—

Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Diskes Lantamal) V bekerjasama dengan PMI Unit Transfusi Darah Gresik, PT PAL Indonesia dan Persaudaraan Rantau Sumatera Utara menggelar Donor Darah Kemanusiaan dalam rangka peduli dampak covid-19 yang diselenggarakan di Gedung Balai Prajurit Ahmad Ihsan Lantamal V Jl. Kalianak Pesapen Surabaya, Rabu (10/6).

 

Acara kemanusiaan yang dikemas dalam bentuk Donor Darah tersebut berjalan sesuai dengan rencana yaitu selama empat hari  dengan target 1500 kantong darah, yakni di Gedung Serbaguna Mako Lantamal V selama dua hari Rabu & Kamis (3-4/6), kemudian pada Jumat (5/6) dilaksanakan di Gedung Diklat PT PAL Surabaya dan hari ini Rabu (10/6) di gelar di Gd. Balai Prajurit Ahmad Ihsan Pesapen Lantamal V.

 

Giat Donor Darah Kemanusiaan yang beberapa hari lalu dibuka langsung oleh Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP., adalah merupakan wujud kepedulian kita sebagai bagian dari masyarakat Jawa Timur untuk turut terlibat dalam menanggulangi semakin menipisnya stock darah di PMI pada situasi pandemi covid-19. Selain itu juga untuk menanamkan rasa empati dan tolong menolong kepada sesama manusia bagi prajurit, PNS Lantamal V, Ibu-ibu Jalasenastri dan Karyawan PT PAL Indonesia (Persero) serta Masyarakat Surabaya umumnya.

 

Pelaksanaan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan selama empat hari ini,  dengan target sebanyak 450 personel dari Lantamal V dan 500 personel dari PT PAL Indonesia, ditambah warga di sekitar wilayah Lantamal V sebanyak 50 orang, sedangkan sisanya berasal dari Komunitas Pedagang Kaki Lima, Saka Bahari Jawa Timur dan masyarakat Surabaya sekitarnya, yang baru selesai dilaksanakan di gd. Bapra Ahmad Ihsan Pesapen Lantamal V hari ini, dan perlu diketahui kebutuhan darah di PMI sekitar 50 kantong perhari, sehingga target sebanyak 1500 bisa terpenuhi untuk kebutuhan darah selama satu bulan kedepan, ujar Danlantamal V saat membuka acara Donor Darah Kemanusiaan peduli covid-19 di GSG Mako Lantamal V beberapa hari yang lalu.

 

Acara kemanusiaan Donor Darah tersebut mendapat perhatian khusus dari anggota DPRD Surabaya Komisi D Ibu Siti Mariyam yang berkesempatan meninjau langsung jalannya giat donor darah serta dengan membawa 100 relawan pendonor lainnya.

 

Kegiatan Donor Darah dengan tajug kemanusiaan  ini selaku Ketua Panitia, adalah Kolonel drg. Bima P. Sp. Prostho M. Kes., yang sehari-hari menjabat sebagai kadiskes Lantamal V. Ia pun menyampaikan dalam pelaksanaannya seluruh petugas dan panitia akan menerapkan prosedur sesuai dengan protokol kesehatan.

 

Tampak hadir dalam acara kemanusiaan tersebut Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Ambyah Wiharjono, Aspotmar Danlantamal V Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, M. TR. Hanla., M.M., Kadiskes Lantamal V Kolonel Laut (K) drg. Bima P. Sp. Prostho., M. Kes., serta anggota DPRD Surabaya Komisi D Ibu Siti Mariyam.